5 Cara Mengolah Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik atau disebut juga kecerdasan berbahasa diidentikkan dengan kecerdasan dalam mengolah kata-kata. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya memiliki profesi seputar pengolahan kata seperti wartawan, editor, penulis, penerjemah, presenter, motivator, guru, pengacara, dan sebagainya.

Kecerdasan linguistik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan otak tidaklah cukup untuk mencapai kesuksesan, jika tidak dibarengi dengan kecerdadan berbahasa. Karena untuk mentransfer ilmu kepada orang lain, dibutuhkan kecerdasan berbahasa yang baik. Kecerdasan linguistik bisa diasah dengan berbagai cara.

Ada 5 cara ampuh untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa Anda.

  1. Membaca Buku

Membaca buku membuat kosakata Anda bertambah banyak. Sekumpulan kata-kata dalam buku yang Anda baca, akan mengaktifkan syaraf-syaraf otak sehingga kemampuan berbahasa Anda akan bertambah. Membaca buku secara rutin juga dapat membuat Anda memhami berbagai macam cara mengungkapkan gagasan tertulis dengan baik.

  1. Mendengarkan Orang Lain Bicara

Biasanya orang cenderung lebih suka ngomong daripada medengarkan. Padahal, ada manfaat jika kita mau mendengarkan. Dengan mendengarkan orang lain bicara, otomatis Anda akan merekam kata-kata yang diucapkan oleh pembicara. Anda juga dapat belajar cara mengungkapkan ide-ide dalam bentuk lisan, melalui pengamatan selama Anda mendengarkan pembicaraan, ceramah, pidato atau kuliah orang lain.

Banyak orang yang tidak suka mendengarkan orang lain, padahal banyak keuntungan jika kita mendengarkan orang lain. Apalagi jika materi yang disampaikan bermakna dan memberikan pencerahan bagi kita. Mendengarkan juga termasuk kecerdasan berbahasa, karena kita bisa menangkap maksud dan makna dari pembicaraan orang lain.

  1. Bersosialisi

Bersosialisasi di sini maksudnya adalah aktif mengikuti kegiatan atau melibatkan diri dalam sebuah organisasi. Dengan bergabung dalam organisasi, Anda akan dituntut untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anda juga dapat belajar menjadi MC, moderator, bahkan menjadi pemateri. Aktif di Organisasi membuat Anda bisa mengasah kecerdasan lingusitik secara rutin dan otomatis membuat Anda belajar lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

  1. Berdiskusi

Berdiskusi hanpir sama seperti bersosialisasi, namun ada sedikit perbedaan. Jika anda terlibat salam sebuah diskusi di sebuah forum, baik secara langsung atau tidak, maka Anda berkesempatan untuk mengeluarkan pendapat Anda terhadap suatu topik. Mengomentari sebuah postingan di group atau artikel juga termasuk sarana berdiskusi. Namun, usahakan mencari forum diskusi yang bermanfaat dan hindarilah perdebatan.

  1. Blogging

Menulis sebuah entry blog setiap hari dapat mengasah kecerdasan berbahasa Anda secara signifikan. Seperti yang dilansir konselorsekolah.com, Anda dapat mengembangkan kecerdasan lingusitik, karena Anda berkesempatan menuliskan pengalaman pribadi, opini, review produk, resensi, bahkan resep masakan andalan. Dengan menulis blog, Anda akan terlatih untuk mengutarakan gagasan Anda dengan baik dan dapat dipahami orang lain. Otomatis Anda juga harus belajar menggunakan kalimat yang efektif agar bisa menulis dengan bahasa yang runut dan enak dibaca.

Demikan cara-cara mengolah kecerdasan linguistik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment