5 Faktor Penyebab Diare

Diare merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Mulai dari orang dewasa, anak-anak, balita, bahkan bayi sekali pun bisa mengalami diare. Masih banyak masyarakat yang menganggap remeh penyakit ini. Padahal apabila dibiarkan saja, dapat mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh atau biasa disebut dehidrasi.

Ada beberapa haktor yang dapat mengakibatkan diare. Bukan hanya hanya faktor makanan, tapi kebersihan sanitasi juga dapat menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan diare.
Berikut ini beberapa faktor penyebab diare:

Virus dan Bakteri

Contoh virus yang dapat mengakibatkan diare adalah influenza perut. Virus ini melekat pada sel-sel mukosa usus. Sehingga terjadi penurunan kapasitas absorpsi, serta juga mengganggu proses sekresi air dan elektrolit. Diare yang disebabkan virus biasanya akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan hilangnya virus.
Sedangkan diare yang disebabkan oleh bakteri biasanya disebabkan buruknya kualitas sanitasi masyarakat. Bakteri ini masuk melalui makanan berbakteri yang tidak sengaja terkonsumsi. Beberapa jenis bakteri penyebab diare antara lain bakteri Salmonella, Sigella, Campylobacter, dan jenis Coli tertentu.

Parasit

Tidak semua parasit dapat menyebabkan diare. Beberapa jenis parasit yang dapat menyebabkan diare misalnya protozoa Entamoeba histolytica dan Giardia lambia, Cyptosporidium. Hal ini terjadi terutama di daerah-daerah tropis atau sub tropis. Ciri diare yang disebabkan parasit ini adalah nyeri perut, anorexia, demam, muntah-muntah, dan rasa letih (malaise).

Penyakit

Beberapa jenis penyakit tertentu dapat menyebabkan diare pada penderitanya. Misalnya kanker usus besar dan beberapa jenis penyakit disebabkan cacing.

Makanan dan Obat-obatan

Seperti yang banyak diketahui, jenis makanan tertentu dapat menyebabkan diare. Bagi orang-orang yang tidak tahan dengan pedas, makan makanan yang pedas dapat mengakibatkan diare.
Sedangkan diare karena obat, lebih diakibatkan karena efek samping dari pemakaian obat. Jadi bukan tujuannya untuk membuat diare.

Pengaruh psikis dan penyebab lain

Ada yang selalu sakit perut saat grogi? Nah, begitupun sakit perut, diare pun dapat disebabkan karena kondisi jiwa yang labil. Misalnya sedang tertekan, stress, dan lain sebagainya. Orang yang hidupnya sedang tidak nyaman biasanya akan menyebabkan tidak teraturnya gaya hidup. Misalnya tidur tidak tenang, makan tidak sehat dan teratur dan lain-lain. Pada saat seperti ini, akan terjadi rangsangan berlebihan pada saraf. Terutama pada daerah hipotalamus hingga akhirnya menyebabkan hiperperistaltik. Meningkatnya gerakan peristaltic mengakibatkan gangguan pada absorpsi air dan elektrolit, sehingga terjadilah diare.

Leave a Comment