6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ terpenting bagi tubuh. Jika jantung tidak berfungsi dengan baik maka seluruh organ yang menyusun tubuh juga akan terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung menjadi sebuah keharusan agar Anda bisa beraktivitas dengan baik.

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Anda dapat menjaga kesehatan fungsi jantung dengan mengatur pola hidup sehat, menjaga berat badan ideal, makan makanan yang sehat, dan mulai aktif bergerak. Bagi Anda yang banyak duduk, disarankan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, lari dan bersepeda. Karena terlalu banyak duduk dapat mengganggu kesehatan jantung Anda.

Berikut ada beberapa tips mudah bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung.

1. Stop Merokok

Rokok mengandung racun yang dapat merusak jantung Anda. Bagi Anda yang menjadi perokok aktif beresiko terserang penyakit jantung. Bagi yang tidak merokok, hindari paparan asap rokok supaya Anda terhindar dari resiko menjadi perokok pasif.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga seperti lari dan jalan kaki setiap hari dapat melatih kekuatan otot jantung Anda. Tidak perlu olahraga yang berat, karena tujuan berolahraga secara teratur adalah supaya jantung Anda tetap aktif. Jika aktivitas harian Anda kurang gerak akan meningkatkan resiko penyakit jantung.

3. Batasi Konsumsi Garam

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menaikkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Batasi penggunaan garam pada menu masakan Anda sehari-hari.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan untuk menyehatkan dan melindungi jantung Anda. Bayam dan alpukat adalah contoh sayur dan buah yang baik untuk melindungi fungsi jantung.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal dapat menjadi langkah awal yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Obesitas bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk mengancam keehatan jantung Anda. Oleh karena itu jaga pola makan Anda sehingga berat badan Anda ideal.

6. Tahan Emosi dan Kurangi Stress

Emosi berlebih dan kemarahan dapat memicu jantung berdetak kencang, mengecilkan pembuluh darah dan mengentalkan/menggumpalkan darah. Akibatnya kesehatan jantung akan terganggu. Oleh karena itu tahan emosi dan jangan terlalu stress. Usahakan pikiran Anda tetap rileks dan perbanyak senyum untuk menghindari stress.

Leave a Comment