8 Cara Praktis Mengatasi Insomnia

Insomnia menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah karena kurang istirahat. Proses istirahat dan regenerasi sel-sel tubuh menjadi terganggu karena penyakit yang satu ini. Insomnia adalah gejala sulit memulai tidur dan mempertahankan tidur itu sendiri. Biasanya, orang yang menderita insomia sama sekali tidak dapat terlelap meskipun sudah berusaha untuk memejamkan mata di tempat tidur.

Insomnia dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, sering begadang, tidur yang tidak teratur, konsumsi kafein dan merokok. Selain itu stress, depresi, kram, apnea tidur dan efek pengobatan bisa menjadi penyebab insomnia. Insomnia dapat merusak kesehatan tubuh, bahkan dapat memicu penyakit yang lebih berbahaya seperti jantung.

Berikut ini akan disajikan 8 cara praktis mengatasi insomnia untuk Anda yang ingin menyembuhkan gangguan tidur. Selamat menyimak.

1. Olahraga Ringan dan Teratur

Olahraga ringan namun teratur terbukti dapat mengatasi insomnia karena badan akan melawan stress dan membangun fisik tubuh lebih sehat. Usahakan merutinkan olahraga ringan di pagi hari secara teratur agar insomia dapat bekurang.

2. Khususkan Tempat untuk Tidur

Sediakan kamar tidur yang nyaman dan kondusif. Menurut Yoris Sebastian, memiliki tempat tidur yang baik adalah sebuah investasi. Maksudnya, jika kita memiliki ruangan khusus dengan ranjang/kasur yang bagus akan menjadi investasi Anda untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Bila perlu, sediakan pendingin ruangan dan aromatherapy untuk menstimulus tidur Anda semakin nyenyak.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan terutama menjelang tidur. Minuman seperti kopi, teh dan cokelat akan membuat Anda sulit tidur.

4. Hindari Kekenyangan Sebelum Tidur

Makan dan minum terlalu banyak sebelum tidur membuat perut begah dan tidak nyaman. Banyak minum dapat membuat Anda ingin buang air kecil sehingga mengganggu tidur Anda.

5. Mandi Air Hangat

Mandi atau berendam dengan  air hangat sebelum tidur membuat otot-otot rileks dan tidurpun lebih nyaman, terutama bagi Anda yang pulang kerja larut malam.

6. Lakukan Aktivitas Santai

Sebelum tidur, lakukan aktivitas santai yang membuat Anda rileks. Membaca buku sampai mengantuk dapat menjadi pilihan agar Anda bisa tidur lebih awal.

7. Perbanyak Aktivitas Siang Hari

Saaat siang, coba kerjakan aktivitas fisik lebih banyak, supaya saat malam hari Anda merasa lelah dan ingin beristirahat. Rasa lelah dapat mengundang kantuk, sehingga Anda tidak lagi sulit tidur.

8. Berdoa kepada Allah Swt

Sebelum tidur, bersoalah kepada Allah Swt agar tidur Anda nyenyak dan bisa bangun lebih pagi. Berdzikir hingga terlelap membuat penyakit sulit tidur Anda berangsur menghilang.

Nah, demikian tips-tips praktis agar Anda terbebas dari insomnia. Jangan anggap remeh insomnia, karena tidur yang berkualitas akan menentukan kesehatan dan produktivitas Anda sehari-hari. Jangan begadang jika tidak perlu. Selamat mencoba!

Leave a Comment