Warning: include_once(/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php): failed to open stream: No such file or directory in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22

Warning: include_once(): Failed opening '/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php' for inclusion (include_path='.:/opt/sp/php7.4/lib/php') in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22
Adu Fitur Dua Situs Jejaring: Facebook vs Twitter

Adu Fitur Dua Situs Jejaring: Facebook vs Twitter

Akhir-akhir ini banyak yang membanding-bandingkan antara dua jejaring sosial yang sedang booming, yaitu Facebook dan Twitter. Sekarang saya akan mencoba membahas versi saya pribadi. Sebelumnya perlu diketahui, saya adalah pengguna kedua jejaring tersebut.

Kesimpulan yang saya ambil adalah Facebook sebagai pemenang. Kenapa? Mari kita ulas.

Twitter memiliki kelebihan yang sudah menjadi ciri khas mereka. Istilah-istilah seperti follow, follower, tweet, mention, ataupun retweet sudah akrab di telinga kita para tweeps (pengguna twitter). Dulu, itu adalah beberapa keunggulan Twitter dibanding Facebook. Tapi ternyata Mark Zuckerberg tidak ingin mengikuti jejak Friendster yang diam ditempat dan akhirnya punah karena keberadaan jejaring sosial lain. Sekarang, Facebook juga memiliki fitur-fitur tersebut namun dengan istilah yang berbeda. Apa saja itu?

1. Follow –> Subscribe

Awalnya FB hanya membatasi jumlah Friend Request atau Permintaan Pertemanan pada tiap akun sejumlah 1000 request. Ya, memang sampai saat ini peraturan tersebut masih berlaku. Tapi kini sudah ada fitur subscribe (langganan). Dimana fitur tersebut fungsinya seperti halnya follow, yaitu mengikuti perkembangan akun yang kita subscribe tanpa harus menjadi teman akun yang bersangkutan. Dan untuk subscribe akun biasanya tidak perlu persetujuan yang bersangkutan (kecuali disetting khusus).

 

2. Follower –> Subscriber

Sama seperti halnya follower, jika kita men-subscribe (berlangganan) akun orang, maka home/beranda FB kita akan diisi oleh postingan akun-akun yang kita subscribe tersebut. Jika friend dalam satu akun hanya dibatasi 5000 orang, tidak halnya dengan Subscriber/Pelanggan. Fitur ini tidak membatas jumlah subscriber dalam satu akun.

3. Mention –> Tag

Salah satu ciri khas Twitter adalah fitur mention dengan tanda @. Dan sekali lagi, Facebook pun juga menyediakan fitur yang kurang lebih sama. Kita bisa mention kawan kita dalam status, foto, video, catatan, bahkan komentar. Dan orang yang kita tag akan mendapat notif atau pemberitahuan di FB mereka.

4. Retweet –> Share

Jika di twitter ada fitur retweet (RT) untuk menyebarkan sebuah postingan dari orang lain, di FB pun ada fitur serupa yang dinamakan share/bagikan. Dalam fitur share ini; status, foto, video, catatan, atau bahkan sebuah link situs bisa kita sebarkan ke kawan-kawan kita (friend/subscriber) dalam bentuk postingan yang mengarah pada link dari postingan asli yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih mau share postingan tersebut di FB sendiri, FB teman, atau dalam grup dan page/halaman.

Dan sekarang kita akan bahas beberapa kelebihan Facebook yang tidak dimiliki oleh Twitter.

1. Jumlah karakter postingan

Ini salah satu yang menjadi pembeda paling mencolok antara keduanya. Jika twitter hanya membatas maksimal karakter tweet 140-180 karakter, maka Facebook tidak membatasi sama sekali baik ketika akan update status atau komentar. Pembatasan inilah yang akhirnya menimbulkan istilah Kultwit pada Twitter yang berarti Kuliah Tweet. Dimana kultwit ini menyebabkan timeline (home) twitter kita jadi penuh oleh postingan satu orang. Padahal jika di facebook, postingan-postingan itu bisa dijadikan satu dalam bentuk status, foto, atau catatan dan tidak perlu memenuhi home/beranda kawan kita dengan postingan yang berderet-deret.

2. Aplikasi Games

Salah satu fitur yang membuat betah para fesbuker tentu saja. Dengan beragam aplikasi dan game yang tersedia di Facebook, tentu saja membuat Fesbuker tidak pernah bosan walaupun notif selalu sepi atau status kita tidak ada yang mengomentari. Jika di twitter, kalau timeline sepi apalagi ga ada yang mention, pasti bakal langsung signout.

3. Thread Comment

Di twitter, jika seseorang memposting tweet, kita sebagai follower tidak tau apa komentar dari orang-orang terhadap tweet tersebut. Paling banter mungkin orang itu hanya memberi deskripsi dan kesimpulan tanggapan orang-orang terhadap tweetnya tadi. Sedangkan jika seperti itu, sangat mudah untuk merekayasa. Seolah twitter itu adalah orang yang berbicara satu sisi pandang. Di facebook, seluruh aktivitas bisa dilihat dan dikomentari (jika disetting demikian). Mulai dari postingan status, foto, tautan, video, dll. Dan pembicaraan bisa menjadi semacam diskusi antara pemosting dan komentator yang kontra dengan TS (thread starter).

4. Chat

Dalam fitur ini, kita bisa mengobrol secara pribadi dengan kawan kita melalui chat. Dengan fitur ini pula, kita bisa mengetahui kawan-kawan kita yang sedang online. Sedangkan twitter tidak mengeluarkan fitur chat.

5. Sundul postingan

Fitur ini bukan seperti fitur di dalam grup, tapi sebetulnya ini adalah salah satu fitur dari “seluruh aktivitas bisa dilihat dan dikomentari”. Ya, dengan fitur ini, aktivitas kita yang mengomentari/nge-like postingan sendiri (maupun postingan orang lain) bisa terlihat di beranda/home kawan kita. Sehingga secara tidak langsung, postingan yang kita like atau komentari itu akan naik juga. Sangat menyenangkan jika postingan-postingan lawas bisa terangkat kembali 🙂

Kesimpulan

Twitter mungkin cocok bagi figur terkenal yang memiliki banyak fans. Maka dari itu banyak artis atau brand terkenal yang memiliki akun twitter dan aktif disana. Sebetulnya FB pun juga ada yang namanya FanPage, tapi mungkin bagi orang sesibuk mereka, mengakses Twitter lebih simpel dibanding FanPage FB.

Twitter mungkin masih punya kartu AS yang tidak dimiliki FB, yaitu #HashTag dan Trending Topic. Tapi sepertinya itu bukanlah sebuah fitur yang mengancam pengguna FB untuk beralih ke Twitter. Dan dengan segala fitur yang ada di Facebook yang tidak dimiliki Twitter, dan banyak fitur di Twitter yang ada di Facebook, membuat jarak keunggulan yang jauh antar kedua jejaring ini. Tidak heran jika rata-rata pengguna Facebook memiliki waktu online yang lebih lama (3 jam) dibanding pengguna Twitter (15-20 menit).

Tapi kembali pada masing-masing orang. Biasanya orang akan lebih aktif di tempat yang banyak temannya aktif disana.

Oleh: Sa’id Rosyadi, Magetan
FacebookTwitter