Bahan Alami Penghilang Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kesehatan yang dikeluhkan baik itu laki-laki ataupun perempuan. Tidak heran kalau banyak produsen kosmetik berlomba-lomba untuk memproduksi obat-obatan penghilang jerawat.

Satu yang perlu kita ketahui adalah, bebera dari kosmetik atau obat penghilang jerawat tersebut ada yang mengandung zat-zat yang justru malah bisa merusak jaringan kulit wajah, sebagai efek samping penggunaan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita kembali beralih kepada cara pengobatan alami menggunakan tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah:

 Lidah Buaya

Sekarang ini banyak industri kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan baku. Untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah, anda hanya perlu mengelupas lidah buaya lalu mengambil gelnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker wajah anda, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Bawang Putih

Tidak banyak yang menyangka kalau bumbu dapur ini punya khasiat untuk menghilangkan jerawat di wajah.Cara pemakaiannya anda hanya perlu mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada wajah anda. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10-15 menit sebelum anda membilasnya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan tips ini secara teratur.

Air Jeruk Nipis

Tak hanya untuk perawatan mata dan untuk melembabkan kulit saja. Buah yang satu ini juga dapat anda menfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Potong beberapa jeruk nipis, lalu peras airnya sampai cukup banyak. Oleskan air tersebut ke bagian yang terdapat jerawat dan bekasnya pada wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Putih Telur
Bagi anda yang tidak jijik dengan tips yang satu ini anda boleh mencobanya. Caranya, pecahkan beberapa telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Ambil putih telurnya saja, kocok – kocok sebentar dan oleskan pada wajah anda. Sebelum dibilas, diamkan terlebih dahulu kira – kira 10-15 menit.

Mentimun

Mentimun selain bisa digunakan untuk lalapan, juga bisa digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami.

  • Jika jerawat masih sedikit: Iris  mentimun menjadi beberapa bagian tipis. Setelah itu anda tempelkan di bagian kulit wajah yang ada jerawatnya, lalu biarkan selama 20-30 menit setelah itu bersihkan dengan air.
  • Jika jerawat sudah banyak: Kalau jerawatnya sudah banyak, caranya berbeda dengan yang diatas. Pertama siapkan mentimun, kemudian cuci mentimun hingga benar-benar bersih. Setelah itu haluskan dengan cara diparut atau di blender. Kemudian jadikan masker, biarkan selama 20-30 menit. Terakhir, anda cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.

Leave a Comment