Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Banyak masyarakat yang menganggap kulkas sebagai kotak ajaib yang mampu mengawetkan berbagai jenis bahan. Mulai dari obat hingga sayur matang yang belum habis. Tapi apakah iya semua bahan yang masuk ke dalam kulkas jadi lebih awet?

Berikut beberapa makanan yang seharusnya disimpan di luar lemari pendingin:

Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran yang dapat memberikan rasa Umami pada makanan. Tomat akan kehilangan rasa jika disimpan dalam kulkas, hal ini karena udara dingin yang ada di kulkas akan menghentikan proses pematangan. Padahal semakin matang tomat, rasa uamaminya akan semakin muncul.

Selain itu, kulkas mengubah tekstur tomat.Temperatur dingin merusak membran di dalam dinding buah, dan mengubahnya menjadi bertepung.

Daun kemangi

Bagi yang suka menyantap kemangi untuk lalapan, sebaiknya perhatikan hal ini. Daun kemangi akan lebih cepat layu jika disimpan di dalam kulkas. Selain itu, kemangi juga bisa menyerap bau yang ada disekitarnya.

Akan lebih baik jika menyimpannya di luar dengan segelas air. Seperti mengawetkan bunga segar.

Kentang

Menyimpan kentang dalam suhu dingin akan mengubah zat tepung di dalam kentang menjadi gula lebih cepat. Kondisi ini akan menjadikan kentang berasa manis dan teksturnya berpasir.

Akan lebih baik kalau menyimpan kentang dalam suhu ruangan dalam kantong kertas. Cara penyimpanan seperti akan memberikan ruang untuk bernapas dan membuat kentang lebih tahan lama.

Bawang Bombay

Meletakkan bawang dalam kulkas hanya akan membuat bawang lebih lembut dan membusuk, karena kelembapan yang ada pada bawang itu sendiri. Simpan bawang di tempat yang sejuk dan kering.

Bawang putih

Tidak hanya bawang bombai, bawang putih pun juga sebaiknya disimpan di suhu ruangan. Bawang putih akan mulai bertunas jika disimpan dalam kulkas. Beda halnya dengan daun bawang, yang kandungan airnya lebih tinggi, sehingga lebih cepat layu. Jadi, harus disimpan di kulkas untuk menambah daya tahannya.

Roti

Menyimpan roti di dalam kulkas hanya akan membuat roti cepat kering. Jika ingin menyimpan roti dalam beberapa hari, simpan di luar atau justru di freezer dengan dibungkus, jadi roti akan tetap lembu.

Kopi

Menyimpan kopi dalam kulkas hanya akan membuat kopi kehilangan rasa dan menyerap aroma dari kulkas Anda. Simpan kopi di tempat sejuk, gelap, agar kopi tetap terjaga kesegaran dan rasanya.

Madu

Tidak ada gunanya menyimpan madu dalam kulkas. Madu akan tetap baik jika Anda menyimpannya dalam tutup yang rapat. Menyimpan madu dalam kulkas hanya akan membuat madu mengkristal.

Alpukat

Alpukat biasanya dipetik dalam kondisi mentah. Penyimpanan di dalam kulkas hanya memperlambat proses pematangan Alpukat.

 

Leave a Comment