Beginilah Wudhu’ Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam

Ada pun tata cara wudhu yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bisa kita baca dari hadits berikut ini:

Dari Humran, bahwa Utsman radhiyallahu ‘anhu meminta seember air kemudian beliau mencuci kedua tapak tangannya tiga kali, kemudian berkumur memasukkan air ke hidung dan mengeluarkannya. Kemudian beliau membasuh wajarnya tiga kali membasuh tanggan kanannya hingga siku tiga kali, kemudian membasuh tanggan kirinya hingga siku tiga kali, kemudian beliau mengusap kepalanya, kemudian beliau membasuh kaki kanannya hingga mata kaki tiga kali begitu juga yang kiri.

Kemudian beliau berkata, “Aku telah melihat Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam berwudhu seperti wudhuku ini.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun kalau dilihat sekilas hadits ini tentu saja belum merinci tentang rukun wudhu wajib dan sunnahnya. Semua dikerjakan begitu saja tanpa dijelaskan detail rincian hukumnya masing-masing.

Untuk mengetahuinya para ulama butuh mengumpulkan ratusan bahkan ribuan hadits lainnya yang terkait dengan wudhu juga sehingga akhirnya didapat kesimpulan-kesimpulan baik terkait dengan rukun wajib sunnnah dan hal-hal yang membatalkan wudhu.

Leave a Comment