Buah Naga Turunkan Kolesterol dengan Kesegaran Buah Tropis

Bagi Anda penggemar buah, tentu tak asing lagi dengan buah berkulit merah yang satu ini. Ya, buah naga adalah sejenis kaktus yang tumbuh subur di daerah tropis. Buah yang berasal dari Amerika Latin ini kini dibudidayakan di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Harga jual yang tinggi membuat para petani berbondong-bondong menanamnya sebagai komoditas yang menguntungkan.

Rasa daging buah ini cukup segar, warna daging buahnya ada yang merah dan ada juga yang putih dengan banyak biji. Buah naga biasa disantap langsung atau dijadikan jus. Bagi yang memiliki masalah dengan kesehatan, buah naga menawarkan banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Buah naga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh antara lain serat, protein, kalsium, kalori, karbohidrat, zat besi, fosfor, Vitamin B1, B2, B3, B12, Vitamin C, dan kandungan air. Keistimewaannya ada pada kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Serat berfungsi sebagai senjata untuk melawan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Seperti yang dikutip dari sitkes.com, ada beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah naga. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol. Apa saja khasiat buah bernama latin Hylocereus polyrhizus ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin B3 disinyalir berperan sebagai zat yang dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Dalam per 100 gram buah naga mengandung 0,7-0,9 gram seat yang sangat baik untuk menurunkan koleterol.

Merawat Kesehatan Jantung

Vitamin B1, B2 dan B3 terbukti dapat mengurangi resiko serangan jantung. Jika Anda atau keluarga mengidap penyakit jantung, makanlah buah naga secara teratur. Hal itu baik untuk kesehatan jantung Anda.

Menghambat pertumbuhan Kanker

Buah naga ternyata memiliki khasiat yang luar biasa, yakni sebagai pencegah tumbuhnya sel kanker. Kandungan antioksidan dari buah naga ampuh menghambat tumbuhnya sel kanker sehingga baik sekali untuk kesehatan Anda.

Mencegah Penuaan Dini

Kandugan antioksidan dan vitamin C baik untuk kesehatan kulit dan sel-sel tubuh agar tidak mengalami penuaan dini. Bagi yang mau awet muda, wajib menyertakan bah naga dalam menu harian.

Mencegah Osteoporosis

Seperti yang telah disinggung di atas, buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang ampuh untuk memperkuat tulang dan gigi. Bagi anda yang mengalami pengeroposan tulang dan gigi, konsumsilah buah yang menyehatkan ini mulai sekarang.

Setiap tumbuhan dan hewan ciptaan-Nya memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan kita. Maka dari itu, kita semestinya mensyukuri kesehatan badan kita dengan mengonsumsi apa yang telah disediakan Allah Swt di alam ini untuk kita. Yuk, konsumsi buah naga mulai sekarang!

Leave a Comment