Cara Mudah Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan seringkali menghampiri, seperti tak kenal usia. Baik anak-anak maupun dewasa bisa terkena radang tenggorokan. Apalagi di tengah cuaca tak menentu seperti sekarang ini, menjaga kesehatan tubuh menjadi sangat penting, sebab daya tahan tubuh yang menurun dapat memperbesar peluang Anda terkena radang tenggorokan.

Jika radang tenggorokan menyerang Anda, tiada pilihan lain selain beristirahat sejenak alias bedrest. Tidur dapat mengembalikan kebugara tubuh sehingga mempercepat penyembuhan radang tenggorokan yang Anda derita. Selain itu, kurangi stress dan beban pikiran seperti pekerjaan atau tugas-tugas agaristirahat Anda maksimal.

Selain beristirahat, Anda dapat melakukan upaya-upaya berikut ini supaya radang tenggorokan Anda membaik.

1. Minum Air Putih

Banyak meminum air putih biasa (bukan air es) akan membuat bakteri/virus penyebab radang perlahan menghilang. Air putih juga membuat kondisi badan Anda menjadi lebih segar. Dimanapun selalu sedia air putih sehingga Anda bisa mengonsumsinya kapan saja.

2. Sup Ayam Hangat

Sup ayam mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang sedang drop. Anda dapat memakan sup ayam hangat untuk mengembalikan daya tahan tubuh dan menghangatkan tenggorokan Anda. Denga sup ayam hangat, tenggorokan Anda akan lebih nyaman ketimbang memakan makanan yang kasar-kasar.

3. Asupan Vitamin C

Vitamin C dapat menjadi tameng tubuh yang terkena virus. Radang yang menjangkiti tenggorokan Anda bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi vitamin C, bik yang alami dari buah-buahan maupun yang berbentuk suplemen tablet dan minuman.

4. Permen Mint

Untuk membuat tenggorokan nyaman saat berbicara, hisap permen mint yang dapat melonggarkan pernapasan Anda.

5. Berkumur Air Garam

Ini adalah cara yang paling sederhana namun patut untuk dicoba. Sediakan air hangat, kemudian campur garam secukupnya. Gunakan larutan garam ini 3 kali sehari. Air garam berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mengusir bakteri penyebab radang tenggorokan.

Semoga kelima cara mudah tadi dapat meringankan sakit radang tenggorokan Anda sehingga datang kesembuhan dari Allah SWT. Semoga cepat sembuh.

Leave a Comment