Cerdas dalam Mengkonsumsi Pisang

Salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah pisang. Buah satu ini mudah didapatkan hampir disemua daerah di Indonesia. Tiap daerah punya jenis pisang yang berbeda dengan daerah yang lain.

Selama ini masyarakat Indonesia mengkonsumsi pisang hanya sebatas untuk pencuci mulut biasa. Tanpa memperhatikan pengaruh tingkat kematangan pisang untuk kesehatan tubuh. Padahal, berbeda tingkat kematangan membuat manfaat yang diberikan oleh pisang juga berbeda.

Pada gambar diatas dapat dilihat ada 7 tingkat kematangan pisang. Tujuh tingkat tersebut punya manfaat yang berbeda. Apabila ingin membuat rujak, anda dapat menggunakan pisang pada tingkat 1-2. Apabila anda mempunyai maag pilih pisang dnegan tingkat kematanagn nomor 3. Jika yang diinginkan hanya sekedar kenyang, konsumsi pisang dengan tingkat kematangan 4-6. Sedangkan bila ingin mendapatkan manfaat berupa peningkatan sistem imunitas tubuh dan mencegah tumor, pilih pisang dengan tingkat kematangan 7. Pisang dengan tingkat kematangan nomor 7 sudah ranum dan berbintik-bintik hitam. Pisang dnegan tingkat kematangan ini banyak mengandung TNF atau Tumor Necrosis Factor.

 

 Sumber: Prof. Hardinsyah dalam Elvira Syamsir

 

Leave a Comment