Dampak Kekurangan Kalium Bagi Kesehatan Tubuh

Asupan makanan yang mengandung vitamin dan mineral sangat diperlukan tubuh manusia untuk menjaga kesehatan dan melancarkan kinerja organ-organ dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan yang tentunya membahayakan tubuh. Oleh karena itu, kita harus mencegah agar tidak mengalami kekurangan vitamin dan mineral.

Salah satu mineral yang cukup penting perannya bagi tubuh adalah kalium. Orang yang kekurangan kalium akan menyebabkan tubuh menjadi pusing, lemas, sedikit kejang, bahkan pingsan jika kadar kalium dibawah 2,0. Normalnya, kalium dalam tubuh adalah 3,5 sehingga orang yang kadar kaliumnya dibawah itu akan mengalami gangguan kesehatan.

Orang yang kadar kaliumnya rendah akan mengalami kelelahan, kulit kering, kelemahan otot dan refleks yang lambat. Cara mengatasi kekurangan kalium ini cukup mudah yakni dengan memenuhi kebutuhan kalium dengan makanan dan minuman yang tinggi kalium seperti wortel, jeruk, alpukat, kentang, salmon, gandum, peterseli, kacang-kacangan dan yang paling tinggi kadar kaliumnya adalah buah pisang. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Selain memakan asupan berkalium tinggi, kekurangan kalium juga dapat dicegah dengan cara menjaga agar kadar natrium seimbang. Sebab, jika tubuh kelebihan natrium akan menurunkan kadar kalium. Sedangkan mineral yang harus dijaga kadarnya agar tidak sampai kekurangan adalah magnesium. Kekurangan magnesium kana menyebabkan penurunan kalium dalam tubuh.

Leave a Comment