Doa Nabi Sulaiman Tentang Syukur dan Kekayaan

Nabi Sulaiman adalah manusia yang dilimpahi kekayaan yang tidak pernah dirasakan oleh manusia sebelum dan setelahnya.

Atas izin Allah, Nabi Silaiman memiliki kemampuan untuk memerintah jin dan hewan.

Salah satu doa Nabi Sulaiman terdapat dalam Al Quran Surat Shad ayat 35.

[arabtext]رَبِّ اغْفِرْ لى‏ وَهَبْ لى‏ مُلْكاً لا يَنْبَغى‏ لأَحَدٍ مِنْ بَعْدى‏ إِنَّكَ أَنْتَ الوَهَّابُ[/arabtext]

Terjemah: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. (QS Shaad: 35).

Allah langsung mengabulkan doanya dengan memberikan anugerah dan pengetahuan yang luas serta melimpahkan kekuasaan yang besar dan wewenang yang kuat atas Nabi Sulaiman. Dalam ayat-ayat yang menceritakan kehidupannya, berbagai perincian mengenai kekayaan, kewenangan, dan bagaimana dia menggunakan pengetahuannya telah disampaikan.

Bertubi-tubi berkah yang dikaruniakan kepada Nabi Sulaiman membuatnya semakin bersyukur kepada Sang Pencipta Langit dan Bumi. Syukur nabi Sulaiman saat dipuncak kesuksesan di tuangkan kedalam sebuah doa Nabi Sulaiman:

[arabtext]رَبِّ أَوْزِعْنى‏ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الّتى‏ أَنْعَمْتَ عَلَىّ وَعَلى‏ والِدَىَّ وَأَنْ اَعْمَلَ صالِحاً تَرْضيهُ وَأَدْخِلْنى‏ بِرَحْمَتِكَ فى‏ عِبادِكَ الصَّالِحينَ[/arabtext]

Terjemah: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni’mat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”. (QS An Naml: 19)

Penjelasan doa Nabi Sulaiman

Doa di atas sangat baik dibaca sebagai bentuk syukur atas nikmat serta dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang beramal shalih di dunia hingga kemudian mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Hikmah Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan

Jika sudah dikaruniai rezeki oleh Allah, jangan lupa untuk mensyukurinya. Serupa dengan Nabi Sulaiman yang sangat mensyukuri karunia Allah. Rezeki, ketenaran dan kesuksesan adalah karunia dari Allah untuk menguji kita apakah kita bersyukur kepada Allah atau malah mengingkarinya.

Sungguh tidak tepat ketika ada orang sukses mengatakan “Kesuksesan ini adalah hasil kerja kerasku”. Orang seperti ini tidak akan kekal kesuksesannya karena tidak bersyukur. Sebaiknya kita mengatakan “Kesuksesan ini adalah dari Allah agar aku mensyukurinya”.

Sudahkah Anda bersyukur hari ini?

Leave a Comment