Pengertian Hadits Musalsal

Definisi

التَّسَلْسُلُ هُوَ عِبَارَةٌ عَنْ تَسَلْسُلِ رِجَالِ اْلإِسْنَادِ جَمِيْعُهُمْ عَلَى صِفَةٍ أَوْ حَالَةٍ وَتَارَةً تَكُوْنُ صِفَةٌ لِلرِّوَايَةِ وَتَارَةً تَكُوْنُ صِفَةٌ لِلرُّوَاةِ

at-Tasalsul adalah suatu ungkapan tentang berangkainya rijal suatu isnad, seluruhnya berada memiliki suatu sifat atau keadaan yang sama. Kadang-kadang pada sifat suatu riwayat, dan kadang-kadang pada sifat rawi.

Penjelasan definisi

at-Tasalsul adalah suatu ungkapan tentang berangkainya rijal suatu isnad, seluruhnya berada memiliki suatu sifat atau keadaan yang sama; dari awal sanad hingga akhir sanad.

Kadang-kadang persamaan sifat itu ada pada riwayat; Seperti hadis musalsal dengan sima’, yaitu hadis yang diriwayatkan oleh para rawi, yang seluruhnya menyatakan telah mendapatkan hadis dengan cara mendengar dari gurunya.

Kadang-kadang sifat yang berangkai itu ada pada rawi; seperti seluruhnya mereka orang-orang Mesir, yaitu musalsal dengan periwayatan orang-orang Mesir, atau hadis tentang menyilangkan tangan, atau musalsal dengan rawi yang bernama Muhammad.

Contohnya

Hadis yang musalsal dalam membaca Sabbaha lillahi maa fis samawati wa maa fil Ardl, wa huwal Azizul Hakim

Dan hadis yang musalsal dengan kata,Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah”

Amru Abdul Mun’im Salim

Leave a Comment