Hikmah Tidur Awal Dianjurkan oleh Rasulullah Saw

“Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur”. (Al Qashahs: 73)

Tidur adalah karunia dari Allah SWT. Allah SWT menjadikan malam sebagai waktu untuk beristirahat. Rasa kantuk merupakan anugerah, agar manusia dapat beristirahat.

“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat”. (An Naba : 9)

Rasulullah Saw adalah teladan terbaik dalam segala asek hidup termasuk tentang tidur. Beliau tidak tidur melampaui batas yang dibutuhkan tubuh, namun tidak juga menahan diri untuk beristirahat sesuai kebutuhan. Inilah prinsip pertengahan yang beliau ajarkan. Selaras dengan fitrah manusia. Rasulullah Saw biasa tidur pada awal malam dan bangun pada pertengahan malam.

Pada sebagian riwayat dijelaskan, beliau tidur dengan cara berbaring di atas rusuk kanan Beliau. Di lain waktu Rasulullah Saw tidur terlentang dengan meletakkan salah satu kakinya di atas yang lain. Sesekali beliau meletakkkan telapak tangannya di bawah pipi kanan Beliau. Kemudian beliau berdoa. Satu catatan penting juga, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah tidur dalam kondisi perut penuh berisi makanan.

Hikmah dari tidur pada awal malam seperti yang dicontohkan Rasulullah Saw di atas adalah tidur awal malam membuat tubuh menjadi sehat. Adapun dampak tidur malam bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Baik untuk kesehatan jantung, karena orang yang suka tidur lewat tengah malam beresiko mengalami pengerasan pembuluh darah.

2. Memberi kesempatan sel darah merah untuk melakukan perbaikan. Tubuh melakukan detoksifikasi setiap pukul 11 malam. Sel darah merah juga melakikuan recovery setiap jam 9 malam. Oleh karena itu sangat dianjurkan Anda sudah tidur pada jam-jam tersebut.

3. Kualitas tidur lebih baik. Orang yang tidur malam (begadang) akan mengalami insomnia yang berpengaruh terhadap kualitas tidurnya. Tidur lebih awal dapat menigkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

4. Mengurangi stress. Tidur malam dapat membuat Anda lebih rilek, sehingga stress dapat berkurang.

5. Menjaga berat badan. Orang yang tidur awal akan menepati jadwal makan malamnya sehingga terhindar dari obesitas.

Masih banyak lagi manfaat tidur di awal waktu bagi kesehatan. Selain itu, Anda juga akan menuai pahala karena telah mengikuti sunnahnya. Subhanallah.

Leave a Comment