Keuntungan Menggunakan Bumbu Instan

Semakin maju teknologi pangan, Indonesia menjadikan semakin beragamnya produk pangan yang beredar di pasaran. Beragam jenis olahan produk baik itu produk jadi, setengah jadi, maupun masih mentah kini mudah dijumpai di supermarket dengan kemasan yang praktis dan menarik.

Salah satu terobosan produk pangan yang kini banyak beredar di pasaran dan cukup digemari ibu rumah tangga adalah bumbu instan. Beragam masakan khas daerah Indonesia kini lebih mudah dan praktis untuk dipraktekkan dikarenakan terobosan ini.

Selain praktis, ada beberapa keuntungan menggunakan bumbu instan antara lain:

Rasa yang Konstan

Bumbu instan terlebih untuk dunia pangan umumnya diolah menggunakan standar mutu yang baik. Sehingga kualitas yang dihasilkan seragam. Hal ini menguntungkkan baik untuk para chef ataupun para pemula yang menginginkan rasa yang pas. Hal ini berbeda apabila menggunakan bumbu segar. Perbedaan tingkat kematangan rempah sangat berpengaruh pada kualitas masakan yang dihasilkan, sehingga apabila bumbu segar yang digunakan mempunyai tingkat kematangan yang berbeda, maka hasil masakan yang didapatkan jadi tidak konstan.

Tidak Tergantung Musim

Salah satu kekurangan rempah Indonesia adalah bergantung pada musim. Pada musim terntentu kadang stok melimpah dan harganya murah, namun dalam musim-musim tertentu menjadi sulit didapatkan. Hal ini berbeda apabila yang digunaan adalah bumbu instan. Apakah itu sedang musim atau pun tidak, ketersediaannya di pasaran selalu stabil.

Mutu Terjamin

Adanya bumbu instan membuat kita tidak perlu khawatir mutu bumbu yang kita gunakan mengalami penurunan. Sebab sebelum proses pembuatan, rempah yang akan diolah sudah mengalami sortasi sehingga didapatkan rempah kualitas terbaik. Hal ini berbeda apabila kita menggunakan bahan segar yang kita tidak tahu persis kualitasnya. Kita tidak tahu kontaminan (residu pestisida, aflatoksin dan lain sebagainya) apa yang terkandung di dalamnya.

Umur Simpan Lebih lama

Dengan adanya teknologi pengemasan bumbu instan yang sudah modern memungkinkan produk ini lebih tahan lama disimpan dibanding dengan bumbu segar. Apabila kita menyimpan bumbu dalam kondisi masih segar, ada kemungkinan terjadinya pembusukan.

Praktis dan Tepat Takaran

Bagi anda yang masih pemula dalam dunia kuliner, adanya bumbu instan ini membuat anda tidak perlu bingung takaran memasak. Anda tidak perlu lagi repot-repot memcuci, memotong, dan meracik sendiri bumbu masakan.

Harga yang Stabil

Harga bumbu segar di[engaruhi oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya ketersediaan di alam dan fluktuasi nilai tukar mata uang. Tapi kondisi ini tidak berpengaruh pada bumbu instan. Harga bumbu instan cenderung lebih stabil.

Leave a Comment