Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bawang merah dikenal sebagai bumbu dapur yang penting untuk bumbu aneka masakan. Selain itu, bawang merah memiliki kandungan gizi yang beragam dan berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Bawang merah mengandung vitamin C, serat, asam folat, kalium, kalsium dan zat besi. Kandungan gizi pada bawang merah berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang merah memiliki kandungan senyawa allin yang bersifat antibakteri. Berikut ini akan dikupas beberapa khasiat bawang merah untuk kesehatan.

1. Mengontrol Kolesterol dalam Darah

Bawang merah mangandung asam amino sulfur dan sulfida methylallyl, dimana zat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Menyembuhkan Sembelit

Bawang merah dapat membantu mengeluarkan racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Bila Anda sembelit, konsumsi bawang merah

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan dalam bawang merah dapat menghambat sel kanker dalam tubuh seperti kanker payudara, usus, paru-paru, prostat. Mengonsumsi bawag merah juga dapat membantu menyembuhkan gangguan pada saluran kemih.

4. Mengatasi Wasir

Mengosumsi bawang merah dapat mengatasi masalah perdarahan seperti perdarahan pada wasir. Untuk perdarahan pada hidung, dapat diatasi dengan mengiris-iris bawang dan menghirup aromanya pelan-pelan.

5. Melindungi Jantung

Bawang merah dapat melindungi fungsi jantung sehingga terhindar dari penyakit jantung koroner dan penyumbatan arteri.

Mengonsumsi bawang merah bermanfaat bagi kesehatan. Semoga Anda dapat memetik khasiat dari bawang merah. Selamat mencoba!

Leave a Comment