Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Bagi penyuka lalapan, kemangi tentu sudah tidak asing lagi dalam menu sehari-hari Anda. Namun, bagi yang tidak menyukainya, nampaknya harus meulai berkenalan dengan daun yang satu ini. Sebab, kemangi memiliki banyak khasiat bagi kesehatan Anda, baik pria maupun wanita.

Kemangi merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Kontur tanah di Indonesia memungkinkan kemangi tumbuh di banyak daerah, baik di daerah bercuaca dingin dan daerah dengan cuaca panas meskipun ada sedikit perbedaan antara keduanya. Kemangi yang tumbuh di daerah panas memiliki daun yang lebih kecil dan berwarna hijau pucat., sednagkan kemangi yang tumbuh di daerah panas memiliki daun yang cenderung lebih ebar dan warnanyapun hijau segar.

Kemangi memiliki dan yang dilapisi bulu halus yang aman untuk disentuh. Bijinya dimanfaatkan untuk campuran minuman. Biasanya, kemangi dugunakan untuk bahan masakan seperti pepes, karedok, lalapan ayam bakar, ikan, dan lain-lain. Rasanya yang segar membuat orang menyukainya.

Berikut ini adalah khasiat daun kemangi untuk kesehatan.

1. Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap dapat menurunkan kadar kepercayaan diri sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Makanlah kemangi sebagai lalapan agar bau mulut Anda sedikit demi sedikit berkurang. Anda dapat lebih percaya diri dengan nafas segar tanpa bau mulut.

2. Mengatasi Bau Keringat

Selain mengurangi bau mulut, mengonsumsi kemangi setiap hari selama seminggu berturut-turut dapat mengatasi bau badan.

3. Mengobati Batuk Pilek

Saat musim dingin, tubuh rentan terhadap virus dan bakteri penyebab batuk pilek. Usir bakteri dengan memminum wedang seduhan kemangi, niscaya Anda akan terbebas dari batuk pilek.

4. Sebagai Antiradang

Daun kemangi mengandung zat cineole, myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antibiotik alami dalam tubuh. Anda dapat mengobati radang menggunakan daun kemangi ini.

5. Menjaga Jesehatan Jantung

Daun kemangi dapat menjadi pelindung bagi jantung agar senantiasa sehat. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi kemangi secara angsung maupun dalam bentuk seduhan akan menjaga jantung Anda.

6. Mengobati Sariawan

Cuci bersih kemangi, kemudian tiriskan. Kunyah kemangi selama 3 menit, lalu minumlah air hangat. Lakukan 3 kali sehari, niscaya sariawan akan hilang.

7. Mengatsi Keputihan

Keluhan keputihan sangat menggangu bagi sebagian wanita. Makanlah kemangi mentah bersama nasi, agar keputihan Anda hilang sekaligus mengusir bau tidak sedap pada organ kewanitaan.

8. Penghambat Menopause

Zat triptofan dalam kemangi dapat menjadi penghambat menopause. Bagi Anda yang ingin mencegah menopause datang lebih cepat, santaplah kemangi sebagai lalapan setiap hari.

9. Mencegah Kemandulan pada Pria

Kemangi memiliki kandungan arginin yang kaya. Arginin bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan memperlama umur sperma sehingga dapat mencegah kemandulan pada pria.

10. Mengobati Panu

Punya panu membandel? Tenang, gunakan kemangi sebagai ramuan tradisional penghilang panu. Antibiotik dalam kemangi dapat membunuh jamur penyeban panu. Caranya, gosokkan kemangi yang telah diberi air kapur sirih pada bagian kulit yang berpanu. Lakukan 2 kali sehari, niscaya panu segera lenyap.

Nah, itulah khasiat daun kemangi untuk kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba!

Leave a Comment