Khasiat Minyak Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Kenal dengan wijen? Itu, lho, biji kecil-kecil berwarna putih kekuningan yang biasa ditaburkan di atas kue onde-onde. Aroma khasnya membuat wijen disukai untuk campuran/pelezat makanan. Selain digunakan dalam bentuk biji, ada pula olahan wijen yakni minyak wijen. Minyak wijen dibuat dari ekstrak biji wijen, baik yang mentah maupun sudah disangrai terlebih dahulu.

Minyak wijen mungkin kurang begitu populer di dapur para ibu di Indonesia. Hanya resep masakan tertentu yang menggunakan minyak wijen sebagai bahan. Namun, bagi orang yang sedang diet, minyak wijen cukup dikenal karena memiliki beragam manfaat kesehatan.

Kandungan utama dari minyak wijen adalah sesamol, dimana zat ini berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Untuk memperlancar peredaran darah, minyak wijen mengandung linoleic acid yang bisa mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

Selain itu, minyak wijen juga mengandung berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah itu? Simaklah penjelasan berikut ini.

Mencegah Kanker

Orang yangs ering mengonsumsi gorengan rawan terkena radikal bebas yang dapat menimbulkan kanker. Antioksidan yang terkandung dalam minyak wijen dapat menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga mencegah Anda terserang penyakit kanker.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sesamin dan sesamol dalam minyak wijen berfungsi untuk menurunkan hipertensi secara alami. Jika Anda mengidap penyakit darah tinggi, disarankan untuk mengganti minyak goreng Anda dengan minyak wijen.

Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang memiliki diabetes, sebaiknya Anda memasukkan minyak wijen dalam menu olahan makanan Anda. Karena kandungan zat magnesium dalam wijen dapat melindungi kebutuhan tubuh Anda akan insulin sehingga baik untuk penderita diabetes.

Kaya Vitamin E

Minyak wijen dikenal kaya akan vitamin E, sehingga baik untuk kesehatan kulit Anda.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak baik (HDL) yang terdapat pada minyak wijen dapat menurunkan lemak jahat (LDL) pada tubuh. Campurkan minyak wijen pada salad dan minyak untuk menumis sayuran.

Menyehatkan Rongga Mulut

Minyak wijen dapat menghambat pembentukan plak pada gigi sehingga mengurangi bau mulut dan kerusakan seperti karang gigi.

Membersihkan Usus

Kandungan nutrisi pada minyak wijen dapat menyehatkan usus Anda dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Leave a Comment