Launching Situs Tsaqafah Islam Hasanalbanna.com

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman bagi umat Islam Indonesia, pada hari Rabu tanggal 1 Februari 2012 diluncurkan situs Hasanalbanna.com. Situs ini merupakan proyek jangka panjang yang berupaya memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat Islam Indonesia untuk mengenal pemikiran tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin dari seluruh dunia, termasuk tokoh yang pemikirannya dipengaruhi atau memiliki kesamaan dengan Ikhwanul Muslimin.

Karya tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin dipilih karena gerakan dakwah ini bisa dianggap sebagai induk gerakan dakwah kontemporer di era modern ini. Selain itu, persebaran wilayah dan kuantitasnya bisa dikatakan sebagai yang terluas dan terbesar di dunia.

Nama pendiri Ikhwanul Muslimin, Imam Hasan Al Banna, sengaja dipilih untuk memudahkan pengguna layanan online dan membentuk kesan yang kuat bagi para pembacanya, karena beliau adalah ideolog dan pembentuk pondasi gerakan dakwahnya. Namun demikian, situs Hasanalbanna.com bukanlah situs resmi dari Imam Hasan Al Banna ataupun Jamaah Ikhwanul Muslimin. Situs ini adalah situs yang mandiri dari hubungan dengan para penulis dan organisasi tersebut.

Dalam launching kali ini, pembaca bisa menikmati beberapa karya tulis tokoh-tokoh dakwah dari dunia Islam seperti  Imam Hasan Al Banna, Fathi Yakan, Manna’ Khalil Al Qaththan, Sayyid Sabiq, Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthi, Sayyid Quthb, Musthafa Muhammad Thahan, Abdul Halim Abu Syuqqah, Yusuf Al Qardhawi, dan beberapa penulis lainnya, baik dari Indonesia maupun dunia Arab.

Selain itu, Hasanalbanna.com berupaya untuk melakukan tazkiyah terhadap kesalahan atau kekhilafan para penulis yang dimuat dalam situs ini dengan memberikan komentar seoptimal mungkin, sebagaimana dipahami bahwa para penulis yang karyanya dimuat di dalam situs ini bukanlah malaikat, akan tetapi hanyalah manusia yang bisa benar dan bisa salah.

Diharapkan situs ini mampu menjadi salah satu wasilah dakwah Islam dan turut serta dalam semarak kebangkitan Islam di seluruh dunia dan Indonesia pada khususnya demi meraih ridha Allah.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Manado, 01 Februari 2012/08 Rabiul Awwal 1433

Shabra Syatila

 

email: [email protected] / ha[email protected]