Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Biji bunga matahari atau disebut juga kuaci (Helianthus annuus L.) merupakan salah satu biji-bijian yang lazim dikonsumsi masyarakat. Orang Indonesia mengonsumsi biji bunga matahari sebagai camilan yang asik dikonsumsi kala senggang. Ternyata, biji bunga matahari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan utama dari biji bunga matahari adalah vitamin E, selenium dan magnesium. Apa saja manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan? Mari kita simak penjelasan berikut.

1. Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan vitamin E dapat menjaga fungsi kardiovaskuler. Selain itu vitamin E juga untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan penyempitan pembuuh darah. Oleh karena itu, mengonsumsi biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah.

2. Resiko Diabetes

Kandugan asam klorogenat dapat mengurangi resiko terjangkit diabetes pada manusia dengan cara menghambat atau mencegah pemecahan glikogen dalam hati.

3. Pelindung Saraf

Kandungan vitamin B1 daapat menjadi pelindung syaraf dengan memperkuat lapisan myelin saraf.

4. Mencegah Kanker

Zat selenium dalam biji bunga matahari berfungsi sebagai antikanker.

5. Baik untuk Kesehatan Otak,  Tulang dan Kulit

Kandungan asam folatnya dapat menjaga kesehatan otak, sedangkan kandungan magnesium dan fosfor terbukti bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin E yang kaya juga berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Setelah mengetahui manfaatnya, mau ngemil kuaci?

Leave a Comment