Manfaat Keju untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu keju? Makanan olahan dari susu ini mempunyai bentuk padat, rasa yang gurih lebih cenderung ke asin. Biasanya dimakan bersama roti tawar saat sarapan atau dimakan begitu saja untuk kudapan. Banyaknya kandungan gizi dalam keju, membuat keju ini baik dikonsumsi oleh berbagai usia (kecuali bayi), mulai dari balita hingga dewasa.

Namun meskipun begitu, tidak semua keju cocok untuk semua usia. Untuk balita yang masih belajar mengenal makanan, keju yang sebaiknya diberikan adalah keju hasil olahan susu pasteurisasi, seperti keju cheddar dan keju cottage. Sedangkan untuk balita yang sudah bisa makan finger food, keju dapat disajikan dengan potongan berbentuk kotak.

Berikut ini kandungan dari keju yang membuat makanan ini sangat baik untuk tubuh:

Kalsium. Salah satu kandungan zat gizi mikro dari keju adalah kalsium. Kalsium dalam keju dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, pembekuan darah, menjaga fungsi sistem saraf, otot dan irama jantung. Hal ini sangat baik untuk balita atau anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Protein. Seperti yang kita tahu, keju merupakan olahan susu. Dimana susu itu sendiri merupakan sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Protein dalam keju mempunyai kualitas yang baik, terdiri dari asam amino yang lengkap. Fungsi protein adalah untuk sebagai zat pembangun jaringan otot, metabolisme sel tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

Riboflavin. Riboflavin mempunyai manfaat membantu metabolisme karbohidrat dan menjaga kesehatan membran mukosa.

Vitamin B12 dan asam folat. Kedua zat ini berfungsi untuk menjaga fungsi saraf, otak, sntesis DNA, dan pematangan sel darah merah.

Vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A baik untuk kesehatan mata. Hal ini bisa didapatkan dari keju. Selain baik untuk mata, vitamin A juga baik untuk kulit, jaringan permukaan, serta sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Selenium. Selenium merupakan zat gizi mikro yang berfungsi dalam proses sintesis enzim antioksidan.

Fosfor. Fosfor termasuk kedalam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, fosfor juga berperan dalam mengatur keseimbangan asam basa.

Lemak. Tidak hanya vitamin dan mineral yang terkandung dalam keju. Keju juga mengandung lemak yang bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan. Selama konsumsinya tidak berlebih, tidak perlu khawatir dengan obesitas.

Leave a Comment