Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Lidah buaya sudah dikenal sebagai tanaman herba yang berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat bagi kecantikan, baik untuk kulit dan rambut. Bagian yang diambil adalah gel bagian dalam daunnya yang mengandung zat seperti asam amino, enzim, antioksidan, vitamin dan memiliki sifat antibakteri serta antiinflamasi.

Apa saja khasiat kesehatan dan kecantikan dari lidah buaya? Berikut penjelasannya.

1. Menghilangkan Jerawat

Sebagaimana yang telah diketahui, lidah buaya memiliki zat antiinflamasi yang kuat. Zat giberelin membantu kulit melakukan regenerasi, sehingga mampu memulihkan jerawat dan memdinginkan kulit. Caranya, bersihkan daun lidah buaya, sayat dan oleskan gel-nya ke kulit yang juga sudah dibersihkan. Diamkan selama limabelas menit kemudian bilas air hangat.

2. Melembabkan Kulit

Gel lidah buaya bersifat mendinginkan dan melembabkan kulit. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, maka kulit akan lebih lembab dan terhidrasi dengan baik.

3. Meremajakan Kulit

Kandungan antioksidan pada lidah buaya dapat meremajakan kulit dan menghambat penuaan dini.

4. Menyuburkan Rambut

Lidah buaya dikenal dapat menyuburkan rambut, sehingga banyak dipakai dalam produk perawatan rambut seperti shampoo maupun tonik. Untuk perawatan alami menggunakan lidah buaya, cuci bersih lidah buaya, kemudian gosokkan gel-nya kekulit kepala bungkus dengan handuk semalam dan keramas keesokan harian.

5. Mengobati Luka

Efek antiinflamasi yang dikandung lidah buaya dapat dijadikan obat untuk luka seperti luka bakar.

6. Melancarkan Pencernaan

Olahan lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai sumber serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Saat ini, telah banyak olahan lidah buaya yang dijadikan sebagai campuran minuman seh

7. Mengeluarkan Racun pada Tubuh

Konsumsi lidah buaya dapat berfungsi sebagai sarana detoksifikasi supaya racun-racun dalam tubuh dapat diserap lidah buaya dan dibuang bersama kotoran.

8. Mengobati Diabetes

Bagi penderita diabetes juga dapat mengonsumsi lidah buaya untuk menurunkan gula darah.

Itulah sebagian manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Gunakan bahan-bahan dari alam untuk merawat kecantikan serta kesehaan tubuh Anda daripada harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli obat-obatan.

Leave a Comment