Manfaat Tomat untuk Balita

Siapa yang tidak tahu buah tomat. Buah berwarna berbentuk bulat dan berwarna merah ini biasanya digunakan untuk pelangkap masakan. Penambahan buah ini berfungsi sebagai penyedap masakan yang alami. Tomat termasuk buah yang mengandung rasa umami.

Terdapat beberapa jenis tomat yang biasa digunakan untuk memasak, namun yang sering digunakan adalah tomat buah dan tomat kecil (tomat cerry). Keutamaan tomat mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Warna merah pada tomat menunjukkan kandungan zat likopen yaitu senyawa fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan. Vitamin A sangat baik untuk balita. Kebutuhan vitamin A untuk anak-anak berusia 1-3 tahun adalah 300 mikrogram per hari (1.000 IU). Sedangkan untuk anak-anak berusia 4-8 tahun, kebutuhannya 400 mikrogram per hari (1.300 IU), dan untuk anak-anak 9-13 tahun 600 mikrogram per hari (2.000 IU).

Dalam 1 buah tomat yang berukuran sedang dengan berat sekitar 60 gram terdapat kandungan vitamin A sekitar 600-1000 IU. Ini artinya, untuk balita berumur 1 tahun kebutuhan vitamin A dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi tomat 1 atau 2 buah.

Cara mengkonsumsi buah tomat untuk balita yaitu dengan cara dihaluskan. Buah tomat dicuci bersih, lalu blansir menggunakan air panas. Lalu kupas kulitnya. Buang bijinya, potong-potong dan tambahkan air. Kemudian dihaluskan/diblender. Bila rasanya terlalu asam untuk balita bisa ditambahkan campuran buah manis lainnya seperti pepaya

Leave a Comment