Memulihkan Kondisi Tubuh Pasca Operasi Caesar

Setelah melakukan operasi persalinan caesar, proses pemulihan pun dimulai. Sebaiknya, Anda mengetahui tips-tips pada masa pemulihan seperti yang dilansir oleh republika.co.id berikut ini agar Anda merasa nyaman tanpa keluhan.

1. Tetap Aktif Bergerak

Meskipun setelah operasi terasa meyakitkan, namun tetap aktif bergerak baik bagi para ibu. “Pagi hari setelah operasi, kami ingin sekali para ibu baru turun dari tempat tidur dan berjalan sedikit mengitari kamar,” kata Dr. Daniela Carusi, MD, direktur Surgical Obstetrics di Brigham and Woman’s Hospital di Boston. Jika memungkinkan, berjalan-jalan di seputaran kamar agar peredaran darah di seluruh tubuh menjadi lancar dan dapat menghindari penyumbatan yang berbahaya.

2. Makan

“Riset menunjukkan, semakin cepat seseorang makan setelah dioperasi, semakin cepat dia pulih,” kata Dr. Carusi. Sebagai ibu baru, Anda memerlukan energi untuk meyusui, memulihkan luka pasca operasi, dan lain-lain. Meskipun makanan di rumah sakit tidak enak di lidah, namun usahakan tetap makan begitu dokter menganjurkan (biasanya setelah tidak ada tanda-tanda Anda mual/muntah dan tidak ada komplikasi).

3. Obat Pengurang Rasa Sakit

Saat masih mendapat perawatan di rumah sakit, biasanya dokter akan memberika obat pereda rasa sakit untuk mengatasi sakit pada luka operasi. Biasanya obat-obatan tersebut aman bagi ibu menyusui. Tepati anjuan dokter dan mintalah resep obat pereda sakit untuk Anda konsumsi di rumah.

4. Serahkan Pekerjaan Berat pada Orang Lain

“Tidak boleh mengangkat apapun yang lebih berat dari bayi Anda, minimal selama empat minggu pertama,” saran Dr. Carusi. Jahitan pada perut umumnya cukup kencang, namun pekerjaan yang terlalu berat dapat melepas jahitan bawah kulit sehingga beresiko menimbulkan hernia atau bahkan operasi ke dua. Oleh karena itu, serahkan pekerjaan berat seperti mencuci, membuang sampah, dan sebagainya pada orang lain. Letakkan bayi Anda dengan posisi yang cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu membungkuk untuk mengambil dan menggendong bayi Anda.

5. Tidur yang Cukup

“Saya tahu, sulit bagi Anda untuk beristirahat dengan keberadaan bayi baru,” kata Dr. Carusi. Namun, sempatkan untuk tidur siang. Anda memerlukan istirahat yang cukup pada masa pemulihan.

6. Jaga Kebersihan

Begitu perban dibuka, Anda harus berusaha menjaga kebersihan area yang dijahit. Jangan terlalu menekan saat membersihkannya. Pakailah bawahan yang lembut dan nyaman.

7. Waspada pada Area Luka

Anda harus tetap waspada apabila area pembedahan. Luka yang sudah dirawatpun masih rawan terkena infeksi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila menemukan masalh pada luka bekas operasi Anda.

8. Samarkan Bekas Luka

Seminggu setelah operasi luka akan berubah warna dari pink ke ungu. Kemudian dalam sebulan setelah operasi, bekas luka akan berwarna keabu-abuan menuju putih dan mendekati warna kulit. Untuk menyamarkan bekas luka, gunakan setelah enam minggu pasca operasi. Vitamin E bisa juga dikonsumsi untuk membantu menyamarkan bekas luka.

Leave a Comment