Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut menjadi satu hal yang mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang. Secara reflek, orang akan menghindar saat mulut kita bau. Hal ini tentu saja bukan hal yang nyaman. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghilangkan bau tidak sedap dari mulut.

Menjaga Kebersihan Mulut. Bau mulut biasanay disebabkan oleh mulut yang tidak sehat atau tidak bersih. Jadi, agar terhindar dari bau mulut, kita harus rajin membersihkan mulut, seperti dengan rajin menggosok gigi minimal 2x sehari (bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari). Akan lebih baik lagi bila bisa menggosok gigi setiap habis makan.

Kurangi Makan Makanan yang Berbau Tak Sedap. Makanan seperti jengkol, pete, bawang goreng dan sejenisnya akan menyebabkan bau mulut. Hindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau mulut saat akan pergi kesebuah acara atau saat akan bertemu orang lain.

STOP Merokok Sekarang Juga! Salah satu penyabab bau mulut adalah merokok, jadi bila ingin terhindar dari bau mulut, mulai sekarang berhentilah merokok. Ganti rokok anda dengan yang lain, misalnya perment karet, cokat ataupun yang lainnya. Dengan begitu, selain terhindar dari bau mulut, juga akan terhindar dari penyakit lain yang disebabkan oleh rokok.

STOP Konsumsi Alkohol! Alkohol dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu alcohol juga tidak baik untuk kesehatan. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang kuat dan mulut yang segar, hentikan konsumsi alkohol sekarang juga.

Perbanyak Konsumsi Buah-buahan. Buah mengandung banyak antioksidan. Antioksidan sendiri berperan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit termasuk pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, beberapa buah juga mengandung vitamin C, bagi yang menderita bau mulut disebabkan sariawan, konsumsi vitamin C dapat mengurangi sariawan.

Hindari Perut Kosong. Perut yang ksosng akan menyebabkan bau mulut. Hal ini juga berlaku bagi yang sedang berpuasa. Untuk menghindarinya usahakan mengunyah permen saat perut sedang kosong. Sedangkan bagi yang sedang berpuasa, ada baiknya sering menggosok gigi dan tidak sahur dengan makanan yang berbau menyengat.

Jaga Kesehatan Gigi. Salah satu penyebab bau mulut adalah gigi berlubang. Lubang pada gigi akan menyebabkan bakteri bersarang dalam lubang gigi. Solusinya, segera tambal gigi yang berlubang, atau bila tidak memungkinkan untuk ditambah bisa dnegan cabut gigi (gunakan saran dan resep dokter).

Minum Kopi Hitam. Kopi mempunyai sifat penetral bau. Berlaku juga untuk mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.

Berkumur. Saat mulut mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya adalah berkumur. Berkumur disini bisa dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

Leave a Comment