Mengatasi Kegemukan dan Diabetes dengan Apel

Obesitas atau kegemukan seringkali menjadi masalah serius bagi penederitanya. Obesitas membuat si penderita beresiko terserang berbagai macam penyakit. Secara fisik, kegemukan menurunkan juga kepercayaan diri.

Seperti yang dilansir bandung.bisnis.com, sebuah studi yang dilakukan di Washington State University menemukan bahwa zat dalam apel dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan obesitas. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, Food Chemistry.

Peneliti mengamati Grany Smith apel, dimana apel ini mengandung zat yang dapat membantu pertumbuhan bakteri yang baik bagi usus karena apel mengandung polifenol, tinggi serat dan rendah karbohidrat. Karena itu, apel baik bagi penderita obesitas. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan bahwa apel Grany Smith memiliki nutrisi yang lebih baik daripada apel fuji.

Konsumsi apel membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kegemukan seperti diabetes. Pectin dalam apel menyumbang asam galacturonic untuk tubuh yang dapat menurunkan kebutuhan tubuh terhadap insulin. Sebuah studi mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi paling tidak satu apel per hari memiliki kemungkinan 28% lebih kecil terhadap diabetes tipe 2 dibanding dengan mereka yang tidak memakan apel. Apel dapat mencegah peradangan kronis karena keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Selain itu, masih banyak manfaat kesehatan yang ada pada buah apel antara lain mengatasi sembelit, menyehatkan jantung, mengurangi kolesterol, mengurangi resiko kanker, menguatkan tulang dan gigi,menyembuhkan anemia, hingga mengurangi resiko Alzheimer.

Kandungan nutrisi yang ada dalam apel membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit kronis. Mengonsumsi apel setiap hari, berarti Anda telah melakukan pencegahan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Nah, mulai sekarang Anda dianjurkan untuk memasukkan Apel sebagai menu harian Anda karena mafaatnya yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Bahkan, Ada istilah yang menyebutkan bahwa dengan rutin mengosumsi sebuah apel setiap hari akan menjadi doker pribadi bagi Anda.

Leave a Comment