Penyebab Kulit Kering

Salah satu masalah kulit yang sering dihadapi para kaum hawa adalah kulit kering dan gatal. Kondisi seperti ini membuat tidak nyaman, serta tidak percaya diri dalam pergaulan. Parahnya gatal disebabkan kulit kering apabila digaruk akan menimbulkan bekas garukan berwarna putih. Hal ini tentu saja membuat tidak nyaman.

Banyak perempuan yang langsung menyalahkan kosmetik begitu mengetahui kulintnya gatal dan bersisik. Padahal sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal, antara lain:

Udara kering

Salah satu penyebab kulit kering dan bersisik adalah udara kering. Seperti pada saat musim kemarau, ketika kadar kelembaban udara sangat rendah. Udara kering dapat menyebabkan kulit lebih cepat kering dan berpotensi membuat kulit bersisik. Untuk menghindarinya, jangan berdiam diri di udara luar yang kering. Kalau pun harus berada di tempat yang kering, usahakan menggunakan handbody lotion atau tabir surya.

 Salah Memilih Sabun

Jenis kulit yang berbeda mengharuskan penanganan yang berbeda, termasuk penggunaan sabun. Ada sabun yang cocok untuk kulit terntentu namun sangat sensitif untuk jenis kulit yang lain. Sebab itu pada saat ingin membeli sabun, pastikan sabun yang dibeli sesuai dengan jenis kulit.

Mandi Air Panas

Berada ditempat yang dingin sambil berendam air panas tentu sangat menyenangkan. Tapi tunggu dulu, kesenangan ini harus ditebus dengan kulit kering dan bersisik. Mandi menggunakan air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, lalu kulit menjadi lebih kering dan kasar. Untuk menghindarinya, kurangi mandi menggunakan air panas, atau setelah berendam air panas, bilas dengan air hangat secara merata.Sangat disarankan untuk tidak mandi air panas lebih dari 10 menit.

 Kondisi Medis dan Obat-Obatan

Pada beberapa orang yang mempunyai riwayat medis tertentu mempunyai jenis kulit yang berbeda. Konsumsi obat-obatan akan menyebabkan kondisi kulit berbeda dengan orang kebanyakan. Untuk mengatasi kulit kering karena kondisi medis atau konsumsi obat, dapat dikonsultasikan dengan dokter terkait.

Salah Menggunakan Pakaian

Ada yang suka menggunakan pakaian ketat? Mulai saat ini ganti pakaian ketat anda dengan pakaian yang lebih longgar. Pakaian ketat dapat menyebabkan alergi pada kulit.

 

Leave a Comment