Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

Dunia seakan berputar, dan pusing hebat menyerang. Anda pernah mengalaminya? Bisa Jadi Anda mengalami vertigo. Vertigo adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan dari telinga bagian dalam, tepatnya pada Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Namun, ada pula penyebab lain dari vertigo seperti peradangan, penyakit sistem syaraf pusat, gangguan penglihatan, mabuk kendaraan, dan lain-lain.

Mengetahui penyebab penyakit vertigo berpengaruh pada cara penanganan yang tepat. Ketahuilah penyebab vertigo sebelum mengobatinya. Berikut ini adalah penyebab vertigo:

1. Gangguan Telinga Bagian Dalam

Seperti yang telah diketahui, vertigo dapat disebabkan karena adanya masalah pada organ telinga bagian dalam khususnya pada Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Masalah ini terjadi karena adanya perubahan posisi yang drastis, misalnya dari posisi tidur ke posisi berdiri.

2. Gangguan Penglihatan

Vertigo juga dapat disebabkan oleh gangguan penglihatan. Selain utuk melihat, mata juga berfungsi sebagai alat keseimbangan. Maka dari itu, jika Anda mengalami gangguan penglihatan, maka hal itu bisa menjadi penyebab terjadinya vertigo.

3. Mabuk Kendaraan

Mabuk kendaraan dapat mengakibatkan pusing yang hebat, sehingga bumi seakan berputar kencang. Pusing ini kemudian disertai mual dan muntah serta wajah menjadi pucat. Baik mabuk darat, air dan udara dapat memicu penyakit vertigo.

Cara mengatasi vertigo adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada objek yang jauh. Menutup mata dan berbaring justru akan memperparah vertigo
  • Berdiri tegak, lalu buka -tutup mata beberapa kali
  • Gerakkan kepala berputar. Letakkan dagu di dada, kemudian putar ke kanan lalu ke kiri bergantian.
  • Letakkan telinga kanan di bahu, tahan beberapa detik dan ganti dengan telinga kiri ke bahu kiri.
  • Lakukan gerakan wajah ke atas, kemudian turun perlahan hingga melihat ke bawah, lalu kembali lagi ke atas.
  • Duduk dengan posisi punggung lurus dan berdirilah dengan mata tertutup. Ulangi bebrapa kali.
  • Olah otot mata dengan gerakan horizontal. Lalu lanjutkan gerakan secara vertikal.
  • LAtih otot mata dengan fokus pada benda bergerak. Ikuti arah gerakan benda.

Lakukan latihan vestibular tersebut untuk mengatasi vertigo. Selain latihan fisik, Anda juga dapat melakukan pengobatan dengan bahan alami yakni dengan menggunakan ramuan yang terbuat kayumanis, jahe merah, daun dewa, sambiloto dan pegagan. Semua bahan tersebut direbus dalam air dan air rebusannya diminum untuk mengatasi vertigo.

Namun perlu diingat, tidak semua pusing merupakan penyakit vertigo. Oleh karena itu, kenali pusing yang Anda alami apakah disebabkan darah rendah, lapar, atau karena kecemasan.

Leave a Comment