Sehat dengan Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang mudah dan murah. Meski nyaris gratis (kecuali saat olahraga berjalan kaki beli minuman, ya), namun tak banyak orang yang dapat meluangkan waktu untuk berjalan kaki setiap hari.

Hal ini dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan berangkat pagi-pagi dan pulang sore hari bahkan malam hari. Perjalanan ke kantor pun ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, sehingga peluang untuk berjalan kaki setiap hari menjadi langka.

Padahal, banyak sekali manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat menghindarkan tubuh dari metabolik sindrom, yakni faktor resiko penyakit jantung stroke, diabetes, hipertensi dan obesitas di perut. Selain itu masih ada lagi manfaat berjalan kaki, antara lain:

1. Menyenyakkan tidur. Badan yang digerakkan untuk berjalan kaki membuat tubuh memerlukan istirahat, sehingga Anda akan lebih nyenyak tidur di malam hari.

2. Menurunkan resiko kanker payudara. Khusus wanita, jalan kaki dapat membuat Anda terhindar dari resiko kanker payudara yang saat ini sangat ditakuti oleh para wanita.

3. Menurunkan berat badan. Untuk yang ingin menurunkan berat badan secara alami, hendaknya mulai merutinkan jalan kaki karena kalori yang berlebih dapat dibakar selama proses berjalan kaki berlangsung. Anda akan mendapatkan hasilnya setelah rutin menjalankan olahrahga ini.

4. Menghambat alzheimer atau kepikunan. Jalan kaki dapat membuat otak tetap aktif sehingga kita terhindar dari penyakit alzheimer.

5. Menguatkan tulang kaki. Berjalan kaki secara teratur dapat melatih dan menguatkan tulang kaki serta mencegah osteoporosis.

Demikianlah manfaat berjalan kaki untuk kesehatan Anda. Alternatifnya adalah berjalan kaki ke masjid 5 kali sehari guna menunaikan shalat berjamaag barangkali dapat menjadi latihan Anda untuk rutin berjalan kaki. Selamat mencoba!

Leave a Comment