Sehat dengan Serat

Siapa sangka serat kini mempunyai peran penting untuk kesehatan. Dulu serat dianggap sebagai bahan yang tidak penting karena tidak dapat dicerna oleh sistem metabolisme manusia. Namun semakin maju dunia pangan dan kesehatan akhirnya membuktikan bahwa serat mempunyai fungsi penting dalam dunia kesehatan, terutama kesehatan pencernaan.

Serat sendiri adalah bagian dari tanaman yang tidak dapat dicerna di saluran pencernaan manusia. Akhirnya serat langsung dibawa ke kolon dan ‘diproses’ oleh bakteri baik dalam kolon. Hasilnya memperlancar buang air besar.
Terdapat dua jenis serat makan, yakni serat larut air (soluble dietary fiber) dan serat tidak larut (insoluble dietary fiber). Serat larut air menyerap air dalam saluran pencernaan. Komponen ini mengikat asam lemak dan memperlama rasa kenyang. Soluble fiber dapat menurunkan total dan LDL kolesterol (kolesterol jahat), dan membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Serat tidak larut tidak dicerna di dalam sistem perncernaan manusia. Fungsi dari serat tidak larut adalah meningkatkan sifat bulky, memperlunak, dan memperpendek sisa-sisa makanan. Sehingga membuat pencernaan semakin sehat dan terhindar dari konstipasi.

Hampir semua jenis makanan mengandung kedua komponen ini. Jenis sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Sebab itu, sangat penting untuk memasukkan buah dan sayur dalam menu harian kita.

Leave a Comment