Tetap Tenang di Tengah Badai Masalah

Dalam hidup, permasalahan pasti datang silih berganti. Entah itu masalah-masalah kecil maupun masalah besar. Sebagai manusia, kita seringkali merasa panik karena tertimpa suatu permasalahan. Di tengah suasana yang kacau dan kita tidak dapat berpikir jernih, maka berusaha bersikap tenang adalah solusi supaya kekacauan tersebut tidak tambah kacau.

Tetap Tenang, Tarik Napas Dalam

Saat menghadapi masalah apapun, sikap panik hanya akan membuat Anda bingung. Solusi tidak akan muncul begitu saja ditengah kepanikan Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk diam, kemudian tarik napas daam-dalam dan hembuskan secara perlahan. Suplai oksigen dalam otak akan meningkat dan memberikan efek “aha!” pada kita sehingga solusi akan cepat datang menghampiri.

Fokus pada Solusi

Cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda pada solusi dari permasalahan yang ada. Terlalu fokus pada masalah akan membuat otak Anda bekerja keras tanpa hasil. Namun, jika Anda bisa menenangkan diri dan fokus pada solusi yang mungkin bisa dipakai, maka Anda akan menemukan titik terang dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Istirahat

Kelelahan dapat memicu stress yang dapa menambah persoalan. Satu persoalan belum kelar, persoalan yang lain muncul sehingga kita seperti mendapat masalah beruntun. Istirahatlah di sela-sela kesibukan Anda agar Anda dapat melepasakan diri sejenak dari hal-hal yang menguras energi. Dengan beristirahat, otak Anda berkesempatan untuk mengurai simpul-simpul masalah yang ada.

Batasi Waktu Anda

Saat menyelesaikan sebuah masalah, batasilah waktu yang Anda gunakan untuk menyelesaikannya. Sebaiknya jangan berikan ruang untuk berlarut-larut pada situasi yang membuat Anda bingung dan lelah. Segera putuskan bagaimana mengatasi persoalan tersebut dan beralihlah pada urusan yang lain.

Tersenyum

Cara efektif untuk menenangkan diri adalah dengan tersenyum. Wajah yang terlampau stress akan membuat orang lain terpengaruh dengan sikap Anda. Jika Anda panik, maka orang disekitar Anda akan ikut panik. Jika Anda tersenyum, maka orang-orang di sekitar Anda akan ikut rileks dan suasana hati/mood Anda akan membaik. Masalah akan lebih mudah dicari solusinya jika Anda bersikap tenang dengan senyuman menghiasi wajah Anda.

Leave a Comment