Tiap Ibadah dalam Islam Memiliki Komitmen

Saya baru saja pulang umrah bersama jamaah Kafilah Iman. Subahanallah luar biasa. Ternyata masing-masing ibadah dalam Islam ada target masing-masing:

Pertama: shalat adalah komitmen untuk mengutamakan Allah di atas segala kesibukan. Termasauk dalam kondisi perang yang paling menakutkan dan taruhannya nyawa. Allah turunkan perintah shalat dalam kondisi perang itulah shalat khauf.

Kedua, zakat, komitmen untuk ikut Allah dalam penggunaan harta. Bahwa pemilik mutlak harta tersebut adalah Allah. Bahwa kita harus rela mengeluarkan sebagain harta sesuai dengan perintahNya.

Ketiga, puasa, adalah komitmen untuk mengendalikan nafsu. Karenanya selama Ramadhan kita benar-benar dibina agar berhasil kendalikan nafsu. Siang kendalikan nafsu makan, minum dan syahwat kepada istri. Malam kita kendalikan nafsu tidur dengan perbanyak shalat.

Keempat : umrah atau haji, adalah komitmen untuk berkorban. Berupa harta, waktu, tenaga, kesehatan. Bahkan kita harus berpisah dari keluarga, kerabat, rumah, pekerkaan dan tanah air. Hanya untuk menunjukkan kepatuhan kepada Allah. Pakaian kebanggaanpun kita tanggalkan diganti dengan dua helai kain ihram. Subhanllah. Sungguh tidak pantas orang yang sudah berumrah tiba-tiba kembali berbuat dosa.

Naudzu billahi min dzaalika.

Ustadz Dr. Amir Faishol Fath

Leave a Comment