10 Tingkatan Cinta dalam Bahasa Arab

Bahasa Arab memang dikenal memiliki variasi kata yang sangat banyak. Satu kata dalam bahasa  Indonesia bisa diterjemahkan menjadi kata yang berbeda dalam bahasa Arab. Contohnya adalah kata “cinta”. Kata cinta dalam bahasa Indonesia ya bermakna cinta saja.  Variasi katanya mungkin hanya “sayang”. Namun  dalam bahasa Arab, “cinta” memiliki 10 variasi kata. Kesepuluh kata ini berdasarkan level cinta tersebut. Berikut pembahasan mengenai 10 tingkatan cinta dalam bahasa Arab. Tingkatan ini dari yang levelnya kecil hingga level cinta yang paling tinggi.

1. Al ‘alaqah

Tingkatan cinta yang pertama adalah al ‘alaqah. ‘Alaqah sendiri jika diterjemahkan bermakna hubungan atau ikatan. Dinamakan hubungan atau ikatan karena adanya keterikatan hati kepada yang dicintai.

2. Al iradah

Tingkatan cinta yang kedua adalah al iradah. Jika diterjemahkan, iradah bermakna kehendak atau keinginan. Tingkatan cinta ini adalah kecondongan hati kepada yang dicintai dan berusaha untuk mencari atau menjumpai yang dicintai tersebut.

3. Ash-shobabah

Tingkatan ketiga dari cinta adalah ah shobabah. Secara bahasa arti dari shobabah adalah kerinduan. Ash shobabah adalah kerinduan hati kepada yang dicintai. Kerinduan ini timbul secara alami dan tidak bisa diatur-atur. Hal ini sama seperti air yang mengalir dari tempat yang landai.

4. Al gharaam

Di atas ash shobabah adalah al gharaam atau kerinduan yang menyala-nyala. Al gharaam adalah cinta yang selalu ada di dalam hati. Dia selalu bersama dan tidak pernah keluar dari dalam hati. Maka azab neraka juga dinamakan gharaaman karena neraka tidak akan pernah melepaskan penghuninya.

5. Al wadaad

Di tingkatan kelima dari cinta adalah al wadaad atau kasih sayang. Alwadaad adalah kelembutan cinta, inti cinta dan kemurniaanya. Salah satu nama Allah adalah Al waduud yang bermakna yang maha mencintai hamba-hambanya yang shaleh.

6. Asy syaghof

Asysyaghof adalah cinta yang meluap-luap. Orang yang mencitai dengan syagof akan sangat mencintai yang sedang ia cintai. Cintanya hingga masuk ke relung hati dan sanubarinya. Rasa cinta ini mampu membuat senang namun bisa bercampur dengan penderitaan.

7. Al ‘isyq

Al ‘isyq adalah cinta yang sangat bahkan cenderung berlebihan. Rasa cinta ini  dikhawatirkan bisa berdampak kurang baik kepada pelakunya.

8. At tatayyum

At tatayyum adalah penghambaan atau merendahkan diri. Cinta di tingkatan ini mampu menghambakan seseorang. Taimullah sendiri bermakna ‘abdullah atau hamba Allah.

9. At ta’abbud

Tingkatan cinta di atas tatayyum adalah ta’abbud. Ta’abbud bermakna peribadahan. Orang yang memiliki cinta ini akan merasa sesungguhnya dirinya adalah secara total milik Allah. Dirinya tidak memiliki apapun atas dirinya sendiri, semua yang lahir maupun batin adalah milik sang kekasih, Allah. Cinta ini alah hakikat dari peribadatan sehingga siapa yang telah sempurna sifat ini, maka telah sempurna cintanya.

10. Al Khullah

Khullah bermakna kekasih. Cinta ini hanya dimiliki oleh dua khalil atau kekasih Allah yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

[lihat lengkapnya dalam kitab Madarijus Saalikiin baina manaazili iyyaka na’budu wa iyya kanasta’in 3/29-32, , Darul Kutub Al ‘Arobiy, Beirut, cet. Ke-3, 1416 H, Asy Syamilah]

Leave a Comment