Warning: include_once(/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php): failed to open stream: No such file or directory in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22

Warning: include_once(): Failed opening '/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php' for inclusion (include_path='.:/opt/sp/php7.4/lib/php') in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22
Tips Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat Sejak Dini

Tips Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat Sejak Dini

Tulang adalah bagian tubuh yang penting, namun sering terabaikan. Kita menginginkan tubuh yang sehat dan kuat, namun untuk urusan tulang seringkali kita tidak memerhatikan asupan demi menjaga kesehatannya. Padahal, kurangnya asupan seperti kalsium dan vitamin D dapat mengganggu kesehatan dan kekuatan tulang sehingga berakibat fatal.

Salah satu gangguan tulang yang sering diderita adalah osteoporosis. Osteoporosis atau pengeroposan tulang disebabkan berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang mudah patah. Tentu Anda tidak mau mengalaminya, bukan? Oleh karena itu, jagalah kesehatan tulang dengan mempraktekkan tips berikut ini:

1. Penuhi Asupan Kalsium

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tulang agar tetap padat dan kuat. Mengonsumsi makanan yang menganduang kalsium setiap hari akan membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Contohnya adalah susu. Jika Anda rutin minum susu, asupan kalsium akan tercukupi. Selain itu, bahan makanan selain susu seperti keju, yoghurt, brokoli, bayam, kacang kedelai, salmon, dan kacang almond juga mengandun kalsium tinggi.

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D juga baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D banyak terdapat pada sayuran hijau seperti brokoli. Untuk mengaktifkan pro vitamin D, Anda bisa melakukan kebiasaan baik seperti berjemur di pagi hari selama kurang lebih 15 menit. Sinar matahari membantu aktivasi pro vitamin D menjadi Vitamin D untuk memperkuat tulang.

3. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak baik terhadap kesehatan tulang Anda. Kandungan dalam minuman bersoda dapat membuat tulang menjadi keropos. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi minuman bersoda ini.

4. Jangan Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol dapat membuat masa tulang menjadi turun sehingga meningkatkan resiko penyakit osteoporosis. Kedua hal yang merugikan ini sebaiknya Anda jauhi untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan kesehatan tulang Anda.

5. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menguatkan tulang. Olahraga yang disarankan tidak perlu yang berat-berat, Anda bisa berjalan kaki setiap pagi atau berlari. Olahraga teratur bisa membuat Anda terhindar dari resiko osteporosis.

Leave a Comment