Tips Menangkal Radikal Bebas dengan Makanan

Polusi dan makanan tak sehat dapat memicu radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas adalah molekul yanng kehilangan salah satu elektronnya, sehingga tidak memiliki pasangan. Radikal bebas mencuri elektron dari molekul lain sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu, radikal bebas perlu dinetralisir supaya tidak membahayakan dan menyebabkan berbagai macam penyakit serius. Penyakit yang dapat timbul akibat radikal bebas antara lain kanker, jantung serta penuaan dini.

Salah satu cara untuk menangkal radikal bebas adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai pencegah terjadinya oksidasi pada sel-sel yang sehat sehingga tidak dirusak oleh radikal bebas. Ada bermacam-macam makanan yang mengandung antioksidan tinggi antara lain buah-buahan dan sayuran.

Adapun buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah buah yang mengandung vitamin A, C, E seperti jeruk, anggur, tomat, nanas, mangga, dan sebagainya. Sayuran seperti wortel, brokoli, kol, dan sayuran hijau lainnya juga mengandung zat antioksidan dapat menangkal radikal bebas.

Menghindari makanan yang buruk seperti junk food juga dapat memicu terjadinya radikal bebas. Oleh karena itu, jauhilah makanan yang buruk dan beralihlah ke makanan sehat untuk mengurangi resiko terkena radikal bebas.

Leave a Comment