Tips Mengatur Waktu Sehari-hari

Setiap kita punya beragam kesibukan masing-masing. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi. Mulai dari urusan domestik rumah tangga sampai pekerjaan yang tidak bisa ditinggal. Tidak jarang beragam kesibukkan kita membuat kita sulit mengatur waktu, apalagi bila kesibukkan kita berhubungan dengan orang lain. Sebab itu, kita perlu untuk tahu bagaimana cara mengatur waktu agar kegiatan kita bisa berjalan lancar tanpa mendzalimi orang lain.

Berikut ini ada beberapa tips mengatur waktu ideal, bagi anda yang punya seabrek kegiatan.

Mulai kegiatan sepagi mungkin

Biasakan untuk bangun pagi saat sepertiga malam terakhir. Sebelum memulai beragam kegiatan ada baiknya dimulai dengan sholat tahajud dan membaca Alquran terlebih dahulu. Biasakan untuk memulai hari dengan ibadah kepada Allah.

Buat jadwal

Membiaskaan diri untuk membuat jadwal kegiatan akan membantu kita mengatur kegiatan esok hari. Sehingga keesokan harinya kita sudah tahu urutan pekerjaan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Hal ini membuat kita hemat waktu, tanpa harus memikirkan dulu kegiatan selanjutnya apa yang harus dilakukan setelah menyelesaikan satu hal.

Berikan waktu luang

Teratur dalam waktu bukan berarti tanpa waktu luang. Waktu luang penting agar pikiran kita bisa diistirahatkan sementara waktu. Gunakan weekend sebagai waktu khusus keluarga tanpa gangguan apapun.

STOP menunggu dan menunda

Semakin kita sibuk, semakin teraturlah jadwal kita. Namun semakin tidak sibuk, biasanya akan muncul sikap menunggu dan menunda. Menganggap waktu mash banyak dan hanya ada sedikit kegiatan. Mulai sekarang hilangkan kebiasaan menunggu dan menunda, sebab ini hanya akan membuang waktu secara percuma.

Disiplin dengan jadwal

Jadwal kegiatan bukan hanya untuk dibuat, namun untuk ditaati juga. Biasakan untuk tegas pada diri sendiri. Kalau perlu buat hukuman yang mendidik untuk diri sendiri apabila melanggar jadwal yang sudah disusun sebelumnya. Hukuman mendidik ini bisa berupa, sedekah, membersihkan rumah, atau yang lain.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Comment