Tips Mengobati Luka agar Cepat Kering

Setiap orang dapat mengalami luka, baik yang ringan maupun yang berat. Jika lukanya ringan, akan lebih mudah mengering dan sembuh. Namun, jika lukanya cukup besar, akan sulit untuk sembuh/kering. Luka membandel dapat menjadi masalah jika tak segera dicari solusinya.

Jika Anda atau anak Anda terjatuh dan tergores, berikut ini adalah lagkah-langkah untuk menyembuhkan luka agar cepat kering dan sembuh.

1. Basuh dengan Air

Pertolongan pertama untuk mengobati luka adalah dengan membasuhnya dengan air biasa. Air akan membersihkan luka dai kotoran-kotoran terutama jika Anda jatuh di tempat yang kotor. Kotoran akan larut bersama air yang dibasuhkan dan mengurangi resiko infeksi karena kuman. Namun tentu saja akan timbul rasa perih pada luka karena dibasuh dengan air.

2. Gunakan Rivanol

Rivanol akan membantu membasmi kuman yang menempel pada kuman. Rivanol akan menghambat kuman berkembang biak yang akan membahayakan luka yang berpotensi infeksi. Usapkan rivanol yang sudah dibubuhkan di atas kapas ke luka dengan hati-hati.

3. Gunakan Kopi Bubuk

Untuk pengobatan secara alami, gunakan kopi bubuk untuk membantu mengeringkan luka. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi pada luka secara merata. Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan luka tidak terkena air selama 3 hari berturut-turut pemakaian bubuk kopi.

4. Gunakan Lidah Buaya

Untuk luka bakar coba bubuhkan gel lidah buaya pada luka untuk meredam rasa sakit dan membantu mengeringkan luka lebih cepat. Usapkan gel lidah buaya pada luka yang telah dibersihkan dengan rivanol.

5. Konsumsi Protein

Protein bersifat sebagai pembangun tubuh. Jika ada luka, maka cara untuk membuatnya cepat sembuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti tempe, tahu, daging, telur dan susu.

6. Jangan Menutup Luka

Menutup luka memang menghindarkan luka dari bakteri dari luar. Namun sebaiknya Anda tidak membungkus luka terlalu rapat. Luka yang dibungkus tidak terlalu rapat akan terkena angin dan luka cepat kering.

Demikian cara mengobati luka agar cepat kering. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang terluka dan membantu Anda saat sewaktu-waktu mengalami luka.

Leave a Comment