Tips Mengobati Penyakit Thypus Secara Alami

Penyakit thypus atau tipes biasanya menyerang orang dengan pola makan yang tidak teratur, makanannya tidak higienis, terlalu lelah bekerja dan pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang tidak higienis beresiko mengandung bakteri Salmonella thyposa (Salmonella thypi). Kemudian bakteri ini menginfeksi usus halus sehingga mengakibatkan gejala penyakit thypus seperti:

1. Trombosit menurun

2. Sel darah putih menurun

3. Anemia, karena usus mengalami perdarahan

4. Pada beberapa pasien muncul flek-flek berwarna merah muda

5. Terdapat bakteri Salmonella thyposa (Salmonella Thypi) pada urine dan feses pasien yang dapat diketahui dari hasil uji lab

6. Badan panas, kemudian panasnya turun, lalu panas lagi (panas-reda-panas)

7. Menderita diare atau susah buang air besar

8. Pasien merasa lemah, sakit tenggorokan, sakit perut, dan sakit kepala

9. Pada kondisi yang semakin memburuk, maka tubuh pasien akan semakin lemah dan tingkat kesadaran pasien semakin menurun

Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit thypus? Berikut ini cara-cara mengobati penyakit thypus secara alami:

  • Sawo muda. Ambil 3 buah sawo muda, kemudian cuci bersih dan parut. Peras parutan sawo muda, lalu minum air perasan 1 kali sehari. Minum selama 3 hari untuk dewasa, dan 2 hari untuk anak-anak.
  • Kunyit. Ambil 2 ruas jari kunyit, kemudian iris-iris tipis. Tambahkan 20 lembar daun pegagan dan 11 lembar daun sambiloto. Lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas, kemudian minum airnya 3 kali sehari.
  • Mentimun. Ambil 2 buah mentimun ukuran sedang, parut dan peras ainya. Minum sari mentimun ini 3 kli sehari supaya panasnya turun.
  • Temulawak. Ambil 2 jari temulawak, kemudian tumbuk/iris-iris tipis. Rebus temulawak dengan 2 gelas air, sampai bersisa 1 gelas. Minum setiap hari hingga sembuh.
  • Pepaya Muda. Pepaya muda juga dapat menyembuhkan penyakit thypus. Caranya, parut pepaya yang masih muda, kemudian campur dengan sedikit air dan peras. Minum air perasan ini setiap 2 hari sekali.

Penyakit thypus termasuk penyakit yang mudah kambuh. Oleh karena itu biasakan pola hidup yang sehat, jaga makanan supaya apa yang masuk ke perut kita selalu higienis dan cukupi kebutuhan istirahat tubuh Anda. Semoga lekas sembuh.

Leave a Comment