Tips Merawat Rambut bagi Muslimah Berjilbab

Merawat rambut supaya indah adalah kewajiban setiap wanita, baik berjilbab maupun tidak. Terlebih untuk wanita berjilbab. Walau tidak kelihatan, kesehatan dan keindahan rambut tidak boleh diabaikan. Rambut yang tertutup membutuhkan perawatan khusus agar senantiasa sehat dan terbebas dari berbagai masalah rambut.

Berikut ini ada beberapa tips penting merawat rambut bagi muslimah berjilbab:

1. Sebelum Mengenakan Jilbab

Sebelum mengenakan jilbab, usahakan rambut Anda sudah kering benar. Mengenakan jilbab saat rambut masih lembab/berkeringat (kumal) akan membuat rambut menjadi mudah gatal dan bau. Selain itu, rambut akan lebih rentan terkena masalah seperti ketombe dan rambut rontok. Keringkan dengan hairdryer jika memang sedang terburu-buru.

2. Cara Mengikat Rambut

Jangan mengikat rambut terlalu kencang karena akan membuat Anda menjadi pusing dan rambut mudah patah. Mengikat rambut terlalu kuat juga akan membat sirkulasi udara pada ambut Anda menjadi terganggu sehingga mejadi gerah dan gatal.

3. Gunakan Jilbab Katun

Untuk pemakaian sehari-hari, kenakan jilbab berbahan katun atau kaos spandek karena dapat menyerap keringat lebih baik. Hindari memakai bahan yang membuat rambut gerah. Bahan katun biasanya adem saat digunakan.

4. Keramas Teratur

Keramaslah 2 hari sekali dengan shampo yang cocok dengan rambut Anda, agar rambut tetap sehat. Malas mencuci rambut hanya akan merugikan kesehatan rambut Anda.

5. Gnakan Kondisioner dan Tonik

Kondisioner akan membuat rambut Anda lembut. Untuk memperkuat akar rambut, gunakan juga tonik penguat rambut. Gunakan keduanya setiap selesai keramas agar rambut menjadi sehat.

6. Istirahatkan Rambut

Setelah memakai jilbab seharian, istirahatkan rambut dengan melepas hijab dan menggerainya. Angin-anginkan rambut agar pori-pori kulit kepala dapat bernafas.

7. Rutin Menyisir Rambut

Biasanya, sebelum memakai jilbab, apalagi bagi yang terburu-buru, muslimah berjilbab ada yang malas menyisir rambut. Kebiasaan ini akan membuat rambut menjadi kusut dan tidak sehat. Usahakan menyisir rambut secara rutin, minimal 2 kali sehari.

8. Konsumsi Buah-buahan dan Vitamin

Rajinlah mengonsumsi buah-buahan terutama buah  yang mengandung vitamin C. Selain itu, vitamin B6 dan B12 penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Demikian tips merawat rambut bagi muslimah berjilbab. Ingat, kebersihan rambut harus terjaga, apalagi bagi muslimah yang mestinya pandai kebersihan dan keindahan. Jangan abaikan kesehatan rambutmu ya, Shalihat.

Leave a Comment