Tips Mudah Menabung Emas Secara Rutin

Menabung emas kini menjadi pilihan masyarakat yang tidak mau nilai uangnya tergerus inflasi. Emas memang menjadi pilihan investasi yang bijak dan mampu menjaga nilai harta yang kita miliki, sehingga uang yang kita tabung untuk persiapan kebutuhan di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik khusus agar Anda bisa menabung emas secara rutin.

Berikut ini adalah cara-cara dari blog Tips Orang Sukses yang dapat ditempuh agar Anda segera merealisasikan harapan Anda untuk menabung emas.

Pasang Niat

Niatkan menabung emas sebagai jalan investasi yang tepat untuk keperluan di masa mendatang seperti ONH, biaya pernikahan, membeli rumah, dan biaya pendidikan anak. Menabung emas menjadi sarana proteksi harta kita dari geusan inflasi. Pasang niat kuat-kuat, agar impian anda dapat terwujud.

Menyisihkan Pendapatan

Langkah mudah untuk memiliki tabungan emas adalah dengan menyisihkan sebagian pendapatan di awal saat Anda menerima gaji atau dari penghasilan usaha. Pisahkan tabungan khusus investasi emas ini dengan rekening pengeluaran maupun tabungan lainnya. Jumlah tabungan ini biasanya sekitar 10% dari total pendapatan.

Apabila jumlah uang di rekening Anda sudah cukup untuk membeli emas batangan, maka segera beli tanpa menunda lagi. Jangan tegoda untuk membelanjakan uang yang sudah susah payah Anda kumpulkan.

Miliki Pengetahuan Tentang Emas

Sebelum menjatuhkan pilihan pada investasi emas, ada baiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk emas. Anda dapat membaca buku, artikel di internet, atau berkonsultasi dengan pakar keuangan. Usahakan Anda berpengetahuan tentang emas, agar bisa menentukan langkah-langkah untuk menabung emas yang tepat.

Tentukan Target

Saat memilih investasi emas, sebaiknya Anda menentukan target khusus, misalnya dengan mendata kebutuhan Anda di masa mendatang. Kemudian alokasi dana yang biasanya Anda taruh di bank, Anda subtitusikan dengan emas. Target yang terukur dan jelas akan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan anda menabung emas.

Disiplin

Sikap disiplin dalam menabung sangat dibutuhkan. Anda tidak akan bisa mmiliki tabungan emas jika tidak memiliki sikap disiplin yang tinggi. Selalu setorkan alokasi dana investasi ke dalam tabungan khusus secara teratur. Atau bayarlah cicilan Anda dengan tertib. Niscaya, Anda dapat menabung emas secar rutin.

Manfaatkan Dana Lebih

Pendapatan di luar gaji seperti gaji ke-13, bonus tahunan, bonus bulanan, fee, dan sebagainya dapat Anda pergunakan untuk mewujudkan tabungan emas. Segera alokasikan dana tersebut untuk kepeluan membeli emas, sehingga dana yang ada tidak habis untuk kegiatan yang konsumtif saja.

Kenali Penjual

Membeli emas, baik tunai maupun dengan sistem cicilan, membutuhkan kejelian saat bertransaksi. Jika Anda membeli emas secara tunai, usahakan membeli di tempat yang memiliki kredibilitas yang baik. Beitu pula dengan cara cicilan, kenali bagaimana skema pembiayaan yang ditangani bank syariah maupun pegadaian. Pilihlah yang betul-betl amanah dalam menjalankan tugasnya.

Jangan Menggunakan Transaksi yang Bertentangan dengan Islam

Di antara cara yang bertentangan dengan Islam adalah dengan memanfaatkan layanan cicil emas dari bank syariah atau pegadaian. Cicil emas adalah fasilitas dari bank syariah atau pegadaian untuk nasabah dengan pembiayaan kepemilikan emas dengan sistem angsuran per bulan. Jumlah emas yang dicicil biasanya minimal 10 gram. Sistem inibertentangan dengan asas akad sharf untuk emas dan perak. Sehingga keharaman akad ini akan menghilangkan keberkahan dalam usaha Anda menabung emas.

Itulah tips menabung emas secara rutin yang dapat Anda praktekkan. Anda tertarik investasi emas? Jangan tunda-tunda lagi!

Leave a Comment