Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil

Bagi seorang ibu hamil, tidur adalah kebutuhan yang harus dipenuhi. Ibu hamil sering merasa lelah, sehingga waktu istirahatnya harus ditambah. Posisi tidur juga berpengaruh bagi kesehatan janin. Namun, karena terkadang janin memberikan ketegangan pada perut ibu, tidur pun menjadi tidak terlalu nyaman bagi ibu.

Berikut ini ada beberapa tips posisi tidur bagi ibu hamil:

1. Tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat. Tidur dengan posisi ini bermanfaat untuk menurunkan asam lambung.

2. Bantal tambahan. Supaya tidur makin nyaman, ibu bisa menambahkan bantal tambahan yang diletakkan di antara lutut dan bantal panjang yang diletakkan di punggung hingga ke perut.

3. Hindari kram. Gerakkan kaki Anda saat di tempat tidur supaya terhindar atau mengatasi kaki yang kram.

4. Tidur miring ke kanan dan ke kiri. Posisi yang nyaman untuk ibu hamil adalah dengan tidur miring. Anda dapat tidur miring ke kanan, namun juga sesekali menggantinya ke kiri jika lelah. Tidur miring ke kiri dapat memfokuskan aliran darah ke rahim, jantung dan ginjal Anda. Saat Anda terbangun di malam hari dan menemukan posisi Anda tidur terlentang, Anda dapat langsung mengubahnya tidur miring.

Agar lebih nyaman lagi, sebelum tidur Anda dapat melakukan aktivitas seperti tilawah, mendengarkan murattal, membaca dan lain-lain. Usahakan Anda tidur dengan rileks dan suasana hati yang tenang. Selamat mencoba!

Leave a Comment