Uang Mall vs Uang Masjid

Apa arti uang Rp50.000,- bagi Anda?

Nilai uang ini akan berubah-ubah menurut tempat yang kita masuki. Kok bisa?

Saat kita memasuki mall, membawa uang 50 ribu rupiah serasa membawa recehan. Orang yang masuk mall hanya berbekal uang segitu pasti niatnya tidak untuk shopping, merlainkan window shopping alias hanya melihat-lihat saja. Cuci mata, lihat barang-barang yang sudah pasti nggak mampu kebeli dengan uang yang ada di dompet.

Untuk sekedar minum saja hanya cukup buat satu orang. Uang 50 ribu tadi jadi kecil sekali di mata pemiliknya. Itu kalau kita masuk mall. Ibarat kata, nggak berani lah bawa uang segitu kalau mau belanja di mall. Minimal ya ada beberapa lembar ratusan ribu yang terselip di dompet. Atau yang mau nekat belanja, keluarin deh itu kartu kredit. Belanja tanpa tunai, belanja secara kredit.

Namun, berapa nilai uang 50 ribu jika kita masuk ke masjid. Wih, pasti bingung tuh! Gimana nggak bingung. Mau nyemplungin ke kotak amal, tapi hanya satu-satunya itu uang yang ada di dompet. Kan sayang, banyak banget! Mana kalau dimasukkan kotak amal tidak bisa ngambil kembaliannya. Nah, berubahlan nilai uang 50 ribu tadi saat kita masuk masjid.

Nilai uang tadi jadi besar sekali di mata kita. Bukan lagi kecil seperti saat kita masuk mall. Mengapa? Karena kita berat untuk menyedekahkannya. Inginnya kalau yang masuk kotak amal nominal yang paling kecil yang masuk kotak amal. Recek-receh saja. Bukan nominal terbesar yang kita miliki di dompet.

Perlu latihan untuk mengubah persepsi kita terhadap uang 50 ribu. Begitu sulit mengubah pandangan bahwa uang 50 ribu bukanlah nominal yang besar untuk masuk kotak amal. Apalagi kita yang terbiasa bawa “golok” ke masjid. Maksudnya, uang seribuan yang bergambar golok itu. Sulit untuk membalik pandangan kita tentang uang, antara masuk mall dan masuk masjid.

Semoga kita diberi kesadaran supaya bisa mengubah persepsi tersebut sehingga uang yang kita sedekahkan bukan lagi uang-uang sisa kembalian belanja, tapi uang yang betul-betul kita siapkan untuk sedekah dengan jumlah yang terbai yang kita punyai.

Leave a Comment