Warning: include_once(/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php): failed to open stream: No such file or directory in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22

Warning: include_once(): Failed opening '/srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/plugins/wp-super-cache2/wp-cache-phase1.php' for inclusion (include_path='.:/opt/sp/php7.4/lib/php') in /srv/users/serverpilot/apps/fimadani/public/wp-content/advanced-cache.php on line 22
Wahai Muslimah, Jangan Sombong!

Wahai Muslimah, Jangan Sombong!

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri” (QS. Lukman: 18).

Wahai muslimah, ketika engkau sudah menuntut ilmu, maka tiada pantas engkau menganggap otakmu cerdas sekali. Banyak ilmu yang sudah engkau kuasai, namun apakah hal itu pantas membuatmu membanggakan diri di hadapan orang lain?

Engkau memandang orang yang tak memiliki pendidikan setinggi kamu dengan tatapan merendahkan. Padahal kamu sendiri tak tahu jika orang itu mampu mengamalkan sedikit ilmunya secara kontinyu. Ia lebih baik daripada kamu yang menumpuk ilmu tanpa mengamalkannya.

Allah Swt berfirman, “..Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (Qs. An-Najm:32)

Engkau yang sudah istiqomah memakai pakaian muslimah yang syar’i, masih saja memandang sinis pada muslimah lain yang masih tertatih-tatih belajar agama dengan pandangan yang membuat mereka rendah diri. Wahai muslimah, apakah kau bisa menjamin bahwa kau lebih shalihah daripada dia? Bukankah Allah Yang Maha Melihat apa yang ada di batinmu? Rendah hatilah, meski kau sudah berpakaian sesuai syari’at. Jangan cela mereka yang belum mampu sepertimu. Bina mereka dengan kelembutan akhlakmu.

Engkau yang sudah mampu menghafal banyak ayat Al Qur’an, ketahuilah, hafalanmu bukalah untuk dipamer-pamerkan. Sungguh, mentadabburinya akan lebih bermanfaat bagimu daripada membangga-banggakannya untuk memperoleh pujian dari orang lain.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Beliau bersabda, “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim)

Oleh karena itu, buang jauh-jauh sifat sombong yang terbersit dalam hatimu, wahai muslimah! Hati kita begit licin dan mudah tergelincir dalam sifat sombong. Jika ada yang menasehatimu, dengarkan dengan seksama, bukan membantahnya. Jika ada orang yang keadaannya tak sebaik dirimu, jangan engkau meremehkannya.

Semoga kita para muslimah diberikan keteguhan hati untuk menghindari sifat sombong, baik karena kecantikan, ilmu, maupun amal kita. Wallahua’lam.

Leave a Comment