Waspada Wasir untuk yang Sering Duduk

Jika Anda termasuk orang yang sering duduk dalam melakukan pekerjaan, maka waspadailah penyakit yang berpotensi menyerang Anda yaitu wasir. Dalam dunia medis, wasir ini disebut dengan hemoroid. Di masyarakat, wasir dikenal dengan istilah ambeien.

Wasir adalah suatu penyakit pembengkakan pada anus yang menimbulkan benjolan pada dinding anus. Biasanya wasir disertai dengan pendarahan, meski sebagian lainnya tidak. Wasir dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada para penderitanya, apalagi saat duduk.

Penyebab Wasir

Wasir disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang aktivitas yang melibatkan gerakan fisik, sering duduk dalam jangka waktu yang lama, kurang konsumsi air putih dan kurangnya asupan serat.

Penyebab lainnya adalah karena faktor genetis, mengejan terlalu keras, mengangkat beban terlalu berat serta biasa terjadi pada wanita hamil.

Pencegahan Wasir

Wasir dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, serta menghindari penyebab-penyebab wasir. Bagaimana caranya? Mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk dalam waktu lama seperti bekerja di depan komputer atau yang lainnya, maka imbangilah dengan sering berdiri dan menggerakkan badan. Duduk terlalu lama dan kurang gerak dapat memicu dan memperparah wasir.

Minum Air Putih yang Cukup

Kekurangan cairan juga dapat menyebabkan wasir. Konsumsilah air putih untuk memperlancar pencernaan dan mencegah timbulnya wasir.

Perbanyak Serat

Perbanyak asupan serat pada pola makan Anda. Konsusi serat yang cukup dapat memperbaiki pencernaan dan memperlancar buang air besar sehingga resiko terkea wasir dapat dihindari.

Olahraga Teratur

Tidak perlu melakkan olahraga berat. Berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat mengurangi resiko penyakit wasir. Usahakan rutin berolahraga secara tepat dan teratur.

Jangan Terlalu Lama di Toilet

Duduk terlalu lama di toilet juga dapat memicu terkena wasir. Selain itu, duduk terlalu lama di toilet dapat mengakibatkan bakteri di closet menempel di tubuh. Oleh karana itu, jangan menmbawa smartphone ke toilet agar tidak ‘keasyikan’ di toilet.

Leave a Comment