Waspadai Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit adalah jenis kanker yang biasanya menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun kanker kulit juga mungkin saja menyerang orng dengan pigmen kulit gelap, karena sekarang ini paparan sinar UV begitu berbahaya bagi kesehatan kulit.

Maka dari itu, perlu diwaspadai gejala-gejala penyakit kanker kulit, karena biasanya orang yang terkena kanker kulit awalnya tidak menyadarinya. Apa saja gejala kanker kulit, dan bagaimana cara mengenalinya? Mari kita simak dalam pembahasan berikut ini.

Adanya Tompel atau Tumor

Ciri pertama adalah adanya tompel , benjolan atau tumor yang dapat dilihat secara kasat mata di kulit. Karena sifatnya yang bisa dilihat secara langsung, kanker kulit memiliki resiko kematian paling sedikit. Ciri-ciri kanker kulit dapat dilihat dan dikenali dengan cukup mudah, sehingga pengobatannya apun bisa dilakukan dengan cepat.

Penyebaran kanker kulit tergolong lambat, karena letaknya agak jauh dnegan organ vital manusia. Waktu yang dibutuhkan agak lama daripada kanker yang lainnya. Benjolan yang tidak wajar merupakan tanda-tanda kanker kulit stadium awal.

Bentuk Benjolan Asimetris

Bentuk benjolan yang dimaksud biasnya asimetris alias tidak beraturan. Ada batas pinggir benjolan yang tidak rata dan tekstur benjolannya kasar. Selain itu, warna dari benjolan ini juga tidak merata, ada sebagian yang gelap, ada juga yang terang Berbeda dengan tahi lalat bias yang umumnya warnanya sama (gelap semua). Kombinasi warna gelap-terang, diselingi warna coelat muda membuat Anda harus waspada dan segera memerikasakannya ke dokter.

Peubahan Bentuk dan Ukuran

Diameter benjolan ini juga tidak wajar, dan kemungkinan bentuknya berubah-ubah bila Anda perhatikan secara teliti. Anda dapat melakukan pengamatan dengan memotret benjolan, dan membandingkannya dengan hasil foto seminggu kemudian. Amati dan cata apakah ada perubahan bentuk, ukuran dan warna pada benjolan yang Anda temukan.

Benjolan Terasa Gatal dan Sakit

Ciri lainnya adalah benjolan yang terasa gatal dan sakit ketika disentuh tangan. Sat lagi yang harus menjadi perhatian, apabila ada luka kecil pada kulit yang terrus mengeluarkan darah dan sulit sembuh. Bisa jadi ini adalah gejala kanker kulit yang patut Anda waspadai.

Nah, setelah mengetahui ciri-ciri kanker kulit di atas, kenalilah gejala adanya kanker kulit agar pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan, sebelum penyakit tesebut menjadi semakin parah.

Leave a Comment