Obat Tradisional untuk Masuk Angin

Masuk angin adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Pada umumnya masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi obat pabrikan dibanding obat alami. Padahal obat tradisional alami juga tidak akalu manjur untuk menanggulangi masuk angin.

Ada beberapa resep tradisional alami untuk menanggulangi masuk angin. Diantaranya sebagai berikut:

Kencur dan Garam
Caranya, sediakan rempah kencur sekitar satu rimpang dan garam secukupnya. Kupas kemudian cuci kencur hingga bersih. Konsumsi kencur dengan ditambah sedikit garam, secara rutin 2x sehari, hingga masuk angin hilang.
Bawang Putih dan Madu
Sediakan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas bersih, madu 2 sdm dan gula secukupnya. Haluskan bawang putih, kemudian campur dengan madu dan gula. Minum sari dari ramuan tersebut setiap pagi secara rutin hingga sembuh.

Kencur, Jahe, dan Kapulaga
Rebus 15 gram jahe, 25 gram kencur, dan 3 butir kapulaga kedalam 400 cc air. Didihkan dan tunggu hingga air menyusut hingga setengah. Minumlah air rebusan tersebut 2x sehari dalam keadaan hangat hingga gejala masuk angin hilang.

Temulawak
Obat tradisional lainnya yang dapat dijadikan obat tradisional alami adalah rebusan 25 gram temulawak, 15 gram jahe, 80 gram lidah buaya, 20 gram kencur. Semua bahan itu direbus dalam 500 cc air. Didihkan dan kemudian tunggu hingga air tinggal setengah.
Konsumsi rebusan tersebut setidaknya 2x sehari dalam keadaan hangat hingga masuk angin hilang.

Bengle
Bahan yang lain yang bisa digunakan untuk mengobati masuk angin adalah bengle, pala, lempuyang, dan lada. Sediakan 25 gram bengle, 5 gram pala yang dihaluskan, 25 lempuyang, sdt lada halus. Bersihkan semua bahan dan iris tipis lempuyang kemudian masukkan semua bahan kedalam 600cc dan didihkan. Setelah mendidih, tunggu hingga air tersisa kira-kita 300cc atau setengahnya. Kemudian minumlah ramuan tersebut selama masih hangat. Usahakan agar mengkonsumsinya secara rutin sehari 2x.

Leave a Comment