3 Cara Mengatasi Keragu-raguan

Setiap orang memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Berbagai upaya dilakukan agar tujuan tersebut tercapai. Namun, setiap usaha pasti ada berbagai hambatan yang menghalangi seseorang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Salah satu penghambat tersebut adalah sikap ragu-ragu.

Orang yang merasa ragu akan senantiasa diliputi rasa was-was dalam setiap langkah yang ia tempuh. Walaupun ia sudah berusaha meyakinkan diri, ada saja hal yang membuatnya ragu. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi keragu-raguan, agar Anda dapat membangkitkan rasa percaya diri untuk mewujudkan apa yang ingin Anda raih.

1. Berani Mengambil Keputusan

Keberanian untuk mengambil keputusan tidak datang begitu saja dari langit. Dibutuhkan ilmu dan metode untuk mengambil keputusan yang tepat, matang dan dapat dijalankan. Setiap manusia yang ingin maju harus punya sikap berani dalam menentukan keputusan. Hormati keputusan yang sudah Anda ambil dan melangkahlah dengan percaya diri.

2. Percaya Diri

Tanpa adanya rasa percaya diri, Anda tidak akan meraih yang namanya kesuksesan. Kebnyakan orang yang meragu takkan pernah sampai ke tujuannya. Ibaratnya kita mau ke Surabaya. Dari Jakarta ke surabaya kita kan naik bus antar kota. Sebelum berangkat kita sudah tidak percaya diri. Kira-kira berapa lama ya sampainya? Telat nggak ya? Bagaimana ya saat di perjalanan nanti? Ah, saya ragu untuk berangkat. Mendingan saya tidak usah berangkat saja.

Contoh di atas menggambarkan seseorang yang tak punya kepercayaan diri. Dia selalu rag dengan keputusan yang dia ambil. Cara mengatasinya adalah: pede aja lagi! Percaya diri saja. Apapun yang terjadi berangkat saja dulu. Putuskan pilihan hidup Anda dengan rasa penuh percaya diri.

3. Perkuat Keyakinan

Keyakinan adalah pondasi dari diri kita untuk melawan sikap ragu-ragu. Jika kita sudah meyakini sesuatu, maka dengan sendirinya ragu itu akan memudar. Tiada tempat untuk rasa ragu, tergantikan oleh rasa yakin dalam diri kita. Mintalah petunjuk pada Allah Swt untuk mengusir segala keraguan dalam hati. InsyaAllah, Allah akan memperkuat keyakinan dalam diri kita.

Jangan ragu. Orang lain mungkin sudah sampai Bali saat kita masih diliputi keraguan untuk berangkat ke Surabaya atau tidak. Orang-orang akan jauh meninggalkan kita, saat kita masih saja ragu dengan langkah yang akan kita tempuh, ragu dengan keputusan yang akan kita ambil dan ragu akan diri kita sendiri. Semoga kesuksesan menyertai Anda.

Leave a Comment