5 Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung adalah organ pencernaan yang terdapat di bagian perut manusia. Lambung yang sehat dapat menjalankan tugasnya dengan baik yakni untuk menampung dan mencerna makanan serta menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Jika lambung mengalami gangguan, nutrisi dalam makanan tidak dapat dicerna secara maksimal dan perut akan merasa tidak enak. Oleh karena itu, menjaga kesehatan lambung amatlah penting supaya kita dapat nyaman menyantap makanan dan kebutuhan nutrisi juga terpenuhi.

Berikut ini ada 5 cara menjaga kesehatan lambung untuk Anda:

1. Kurangi Makanan Asam dan Pedas

Makanan yang asam dan pedas dapat memicu naiknya asam lambung. Sebisa mungkin hindari makanan pedas dan asam ini apalagi jika Anda memiliki gangguan lambung seperti maag. Kurangi juga konsumsi kafein yang dapat membuat lambung perih.

2. Kurangi Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat tidak baik untuk lambung karena kandungan soda dapat membuat perut tidak nyaman.

3. Perbanyak makan Buah dan Sayur

Serat yang dikandung oleh buah dan sayur baik bagi pencernaan. Mengonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan resiko terkena penyakit asam lambung. Namun, usahakan untuk menghindari buah-buahan dengan keasaman tinggi seperti jeruk atau nanas.

4. Makan Secara Teratur

Makan teratur dapat membuat lambung terbiasa dengan pola makan yang Anda atur. Jika sudah waktunya diisi namun lambung masih kosong, asam lambung akan tetap berproduksi. Meski dalam jumlah sedikit, asam lambung ini akan menyebabkan gangguan lambung seperti perut perih, kembung, dan begah.

5. Hindari Stress

Stress dapat memicu produksi asam lambung yang dapat membuat lambung Anda bermasalah. Kurangi stress dengan beistirahat cukup, berjalan-jalan dan rileks dari pekerjaan yang terlalu berat.

Leave a Comment