5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ yang sangat penting pada tubuh kita. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia yang diciptakan Allah SWT. Dengan mata kita bisa bekerja, membaca, dan banyak hal lain yang bisa kita kerjakan. Apabila kita tidak menjaga kesehatan mata kita dengan baik, kita bisa terserang berbagai penyakit mata seperti rabun dekat, rabun jauh, katarak, hingga kebutaan. Na’udzubillah.

Oleh karena itu, kita harus menjaga titipan dari Allah dengan sebaik-baiknya termasuk mata. Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Apa saja tips untuk menjaga kesehatan mata? Berikut penjelasannya.

1. Perhatikan Jarak Pandang

Saat membaca buku, menatap layar komputer maupun menonton televisi, usahakan jarak pandang Anda sesuai dengan yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Jarak mata dengan buku yang dibaca adalah sekitar 30 cm, sedangkan untuk layar komputer dan televisi sekitar 50-100cm.

2. Istirahatkan Mata

Saat bekerja did epan komputer, seringkali kita lupa untuk mengistirahatkan mata Anda. Menjauh dari layar komputer, kemudian jalan-jalan dan memandang pepohonan atau bunga bisa membuat mata Anda menjadi rileks kembali.

3. Asupan Vitamin

Perbanyak memakan sayur dan buah yang mengandung vitamin A dan betakaroten supaya mata Anda sehat. Minum jus wortel ampuh untuk menangkal penyakit mata yang mengintai Anda.

4. Jangan Mengucek Mata

Mengucek mata dengan tangan yang tidak steril dapat membuat mata merah dan terganggu. Usahakan untuk tidak mengucek mata terlalu keras supaya tidak membahayakan mata Anda.

5. Penerangan yang Cukup

Saat beraktivitas, usahakan penerangan dalam ruangan cukup ternagnya. Jangan terlalu terang menyilaukan, namun jangan terlalu redup juga terutama saat membaca. Penerangan yang pas akan menjaga mata Anda tetap sehat.

Itulah tips untuk menjaga kesehatan mata. Jagalah pemberian Allah yang tak ternilai harganya ini dengan sebaik-baiknya, sehingga kita bisa senantiasa bersyukur dengan nikmat pengelihatan yang Allah karuniakan pada kita.

Leave a Comment